oleh

Muba Jadi Percontohan Penyelesaian Konflik Agraria

ISU konflik agraria di Kabupaten Musi Banyuasin terus menjadi perbincangan. Bumi Serasan Sekate dinilai mampu dan sukses dalam percepatan penyelesaian konflik agraria dan sumber daya alam melalui pembentukan Satuan Tugas Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria dan Sumber Daya Alam (Satgas P2KASDA).

“Hanya di Muba yang tampak komitmen dalam percepatan penyelesaian konflik agraria. Bahkan, beberapa daerah di Sumsel tergerak untuk membentuk Satgas P2KASDA dan Muba diminta menjadi mentor dalam upaya tersebut,” ungkap Ketua Satgas P2KASDA Kabupaten Muba Anwar Sadat di sela Pelantikan Satuan Tugas Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria dan Sumber Daya Alam (Satgas P2KASDA) dan Seminar Nasional Urgensi Kelembagaan Penyelesaian Konflik Agraria Kabupaten Musi Banyuasin di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (25/1).

Dikatakan, petani beberapa kabupaten di Sumsel ingin belajar dalam upaya menyelesaikan konflik agraria yakni di antaranya petani dari OKI, OI, Muaraenim, dan Muratara.

“Muba pertama membentuk Satgas P2KASDA dan sudah dilakukan sejak dua tahun lalu, oleh sebab itu banyak petani dari daerah di luar Muba yang ingin belajar ke Kabupaten Muba,” bebernya.

Selain itu, beberapa penyelesaian konflik di Muba pun tuntas dilakukan dengan di-back up Pemerintah Kabupaten Muba bersama Satgas P2KASDA. “Bupati Muba Dodi Reza Alex sangat komitmen dalam penuntasan konflik agraria ini, terlebih penyelesaian konflik agraria di Muba juga tertuang di RPJMD TA 2018,” terangnya.

Ia menambahkan, baru-baru ini Satgas P2KASDA dibantu Pemerintah Kabupaten Muba telah menyelesaikan konflik agraria antara PT MHP dengan warga Kecamatan Jirak Jaya. “Alhamdulillah kedua belah pihak ini sudah sepakat untuk menyelesaikam sengketa dan saling menghormati hak dan kewajiban masingmasing,” ulasnya.

Sementara itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex menyebutkan pihaknya bersama Satgas P2KASDA siap berbagi pengalaman dengan daerah lain terkait upaya percepatan penyelesaian konflik agraria. “Kita harapkan
Satgas P2KASDA ini nantinya bisa terbentuk juga di tingkat provinsi,” harapnya.adv

Komentar

Rekomendasi Berita