oleh

MPLS SMP Xaverius Tahun 2019, Dapat Materi Kesehatan Reproduksi Remaja

LinggauPos Online – SMP Xaverius Lubuklinggau menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2019/2020, 8-10 Juli 2019. Ada 104 siswa baru yang mengikuti kegiatan ini.

Laporan Qori Musdhalifah, Lubuklinggau

MPLS di SMP Xaverius digelar lebih awal dibanding dengan SMP negeri maupun swasta lainnya. Hal itu merujuk pada kalender akademik Yayasan Xaverius.

Hal ini disampaikan Kepala SMP Xaverius, Agnes Ani Ika Widyawati yang baru saja bertugas per 1 Juli 2019.

“Sebenarnya untuk di SMP Xaverius libur semester tahun ini lebih dulu 1 minggu dari sekolah negeri. Untuk itu kegiatan MPLS kita laksanakan pada minggu ini, sehingga per 15 Juli 2019, kita akan langsung fokus melaksanakan Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) dan tidak ada lagi kegiatan lainnya selain KBM,” ungkapnya.

Wanita yang kerap disapa Ibu Ika ini juga mengatakan tujuan utama dilaksanakannya MPLS ini adalah untuk pengenalan lingkungan sekolah tentunya.

“Jadi dengan kegiatan MPLS ini, siswa siswi baru dapat mengenal lingkungan sekolah. Mulai dari saat masuk gerbang sekolah yang kita sambut dengan salam,senyum, sapa, kita kenalkan mereka dengan sarana dan prasarana sekolah, guru-guru dan pegawai. Ini dilakukan agar mereka nyaman nantinya berada di sekolah ini,” ungkapnya.

Dan, lanjutnya, mereka juga bisa merasa aman, kerasan berada di sekolah ini. Sehingga bisa tertanam rasa memiliki SMP Xaverius. Dan dengan begitu anak-anak akan dengan senang hati menjaga kedisiplinan dan mematuhi aturan sekolah.

Waka Kesiswaan SMP Xaverius, FA Sumantri menjelaskan pelaksanaan MPLS dilaksanakan 8-10 Juli 2019.

Mulai Senin (8/7) upacara pembukaan dan dinamika kelompok, materi visi dan misi serta tata tertib SMP Xaverius, pengenalan lingkungan sekolah, dan dinamika kelompok (persiapan pentas seni).

Hari kedua MPLS SMP Xaverius, Selasa (9/7) diisi dengan apel pagi dan latihan berbaris-baris, materi dari Satlantas Polres Lubuklinggau mengenai tata tertib lalu lintas, materi tata krama dan dinamika kelompok, materi dari BNN Kota Lubuklinggau mengenai bahaya narkoba, yang diakhiri persiapan pentas seni.

Hari ketiga, Rabu (10/7) diisi dengan latihan baris berbaris, materi tentang kesehatan reproduksi remaja dan motivasi belajar dan diakhiri dengan pentas seni dan apel penutupan MPLS. (*)

Rekomendasi Berita