oleh

Motivasi Siswanya Lanjut Kuliah

Mengenal Kepala SMAN Muara Kulam, Ali Gunawan

Baru dua tahun M Ali Gunawan memimpin SMAN Muara Kulam. Namun pria kelahiran Desa Muara Kuis, 8 Oktober 1985 itu punya optimisme yang kuat, untuk mendorong siswa-siswinya sukses di masa depan.

Laporan Aspin Dodi, Ulu Rawas

DARI sisi usia, memang terbilang muda. Namun kematangannya dalam manajerial sekolah, tak diragukan lagi. Hal itu pula yang membuat Muhammad Ali Gunawan, dipercaya memimpin SMAN Muara Kulam sejak 28 September 2016.

Ali Gunawan menyadari, Kecamatan Ulu Rawas merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kategori 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). Sehingga jarang sekali alumni SMAN Muara Kulam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Kebiasaan lama ini diharapkan Ali bisa berubah. Alumni STKIP-PGRI Lubuklinggau dan Pasca Sarjana Universitas Bengkulu ini menargetkan, selama kepemimpinannya bisa menghantarkan alumni SMAN Muara Kulam ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia.

“Sepanjang 2017 dan 2018, sudah ada enam alumni SMAN Muara Kulam yang lanjut kuliah. Tiga orang diterima di UIN Raden Fatah Palembang, seorang diterima di Universitas Bengkulu, satu orang diterima di Universitas Sriwijaya dan satu orang lagi masuk di Universitas Jambi,” papar Suami dari Sulastri Gunawan itu.

Ayah dari Muhamad Idlan Razzaq Gunawan, Fahri Athillah Gunawan dan Miyaz Shakiel Gunawan mengupayakannya, dengan raihan prestasi akademik maupun non akademik siswa-siswinya.

Sepanjang ia memimpin 13 prestasi akademik dan 17 prestasi non akademik diraih peserta didik SMAN Muara Kulam. Bapak yang diangkat jadi PNS tahun 2011 itu mengapresiasi perjuangan guru untuk membinging siswa-siswinya berprestasi.

“Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi anak Uu Rawas berpendidikan tinggi guna menuju Ulu Rawas Cerdas 2025,”harap alumni, SDN Kemang, SMPN 3 Lubuklinggau dan MAN 1 Lubuklinggau ini.(*)

Rekomendasi Berita