oleh

Motivasi Siswa Kompak dan Berwawasan Luas

SMKN Pertanian 2 Tugumulyo Peringati Hari Pramuka ke-58

LINGGAU POS ONLINE – Bangsa Indonesia kemarin, (14/8) memperingati Hari Pramuka ke-58. Momen ini mengingatkan kita bersama bahwa Gerakan Pramuka merupakan wadah generasi muda dalam membina akhlak, budi pekerti, watak, dan perilaku.

Laporan Sulis, Lubuklinggau

MOMEN bersejarah ini juga diperingati oleh siswa-siswi SMKN Pertanian 2 Tugumulyo di Jl SPMA, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Sekolah ini menggelar kegiatan khusus. Mulai dari upacara dan menyelenggarakan aneka lomba.

Pembina Pramuka SMKN Pertanian 2 Tugumulyo H Phariyanto menjelaskan ragam lomba yang diadakan yakni Rangking 1, games kekompakan memindahkan air dalam gelas, pelafalan Dhasa Dharma dan Tri Satya Pramuka.

“Kegiatan ini diikuti seluruh siswa. Sebab, pramuka merupakan kegiatan yang wajib diikuti siswa-siswi kami,” terang H Phariyanto.

Ia juga menjelaskan, selain kegiatan internal, pihaknya juga sudah mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti Panca Lomba Puncak Peringatan Hari Pramuka se-Kabupaten Musi Rawas 29 Agustus 2019 mendatang.

Sementara Kepala SMKN Pertanian 2 Tugumulyo, H Yusep Mubarok menjelaskan, kegiatan Pramuka memang harus terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme.

Jadi, Gerakan Pramuka ini sangat efektif sebagai wadah pengendalian diri dari pengaruh-pengaruh negatif dan buruk agar generasi dan tunas-tunas bangsa.

Ia berkeyakinan, pendidikan kepramukaan tidak tergerus oleh zaman dan tetap berperan besar dalam mencetak generasi muda yang unggul, berkarakter, berilmu, berbudi pekerti, dan mencintai alam.

Pramuka ditujukan untuk menjadi instrumen yang dibutuhkan para siswa, orang tua, sekolah, dan lingkungan sebagai tempat yang menyenangkan untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat generasi muda secara positif.

“Mari jadikan kepramukaan sebagai tempat belajar berorganisasi, bergotong royong, memupuk persaudaraan, dan membina kerukunan antar sesama. Dari pramuka kita bisa memupuk kebersamaan dan memperluas wawasan,” imbuhnya.(*)

 

Rekomendasi Berita