oleh

Motivasi Anak 3T Lanjut Sekolah

LINGGAU POS ONLINE, PANGLERO – Salah satu desa tang tergolong Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) rawan terdapat anak putus sekolah. Untuk mencegah hal tersebut, maka Guru Muda Program Indonesia Mengajar mengadakan kegiatan Ngelong#.

Sasaran kegiatan Ngelong yang sudah keenam kalinya itu, dilaksanakan di Dusun Panglero, Desa Semangus Lama Kecamatan Muara Lakitan.

Guru Muda Program Indonesia Mengajar Thio A Dwiprasetya mengatakan, acara Ngelong ke-6 itu mengusung tema ‘Kelas Inspirasi Panglero’.

“Konsepnya, kami mengambil dari gerakan Kelas Inspirasi di berbagai daerah di Indonesia yang bertujuan menyebarkan inspirasi profesi ke siswa-siswi di sekolah, dalam hal ini SDN Panglero. Agar para murid SDN Panglero punya semangat untuk lanjut sekolah. Dan tidak mudah menyerah sekalipun keterbatasan ekonomi,” terangnya.

Penting diketahui, SDN Panglero terletak di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) dan perbatasan antara Kabupaten Musi Rawas dengan Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI).

“Oleh karena itu, anak-anak di Panglero tidak banyak mendapatkan akses informasi dan media mengenai berbagai profesi yang ada. Karena di Dusun Panglero mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani karet,” jelasnya.

Atas latar belakang tantangan yang ada, Thio A Dwiprasetya dan Pengajar Muda Kabupaten Musi Rawas membuat kegiatan Ngelong dengan konsep Kelas Inspirasi Panglero.

Hadir sebagai Inspirator di kelas Inspirasi Panglero adalah Ikerniati Sandili bertugas sebagai Wartawan, Cipto Troena Putra bertugas sebagai Geologis, Muhammad Syahrudin Nawir bertugas Dosen serta Agus dan Adri siswa SMAN 1 dan 2 Beliti bertugas sebagai Kakak Pramuka dan Kakak Paskibra.

“Pada kegiatan Ngelong ini, kami mengutamakan kolaborasi dari berbagai pihak dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Musi Rawas. Kegiatan Ngelong digagas oleh Pengajar Muda Kabupaten Musi Rawas, dan kegiatan ini sudah berjalan di 6 desa penempatan Pengajar Muda. Seperti di Dusun Sri Pengantin, Desa Harapan Makmur, Desa Kembang Tanjung, Desa Mukti Karya, Desa Piyan Raya dan Dusun Panglero,” imbuh Thio.

Kegiatan Ngelong di Dusun Panglero ini menjadi kegiatan Ngelong terakhir Pengajar Muda Kabupaten Musi Rawas di masa tugas tahun 2017 – 2018.

“Terima kasih kepada penggerak pendidikan yang tersebar di Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau yang telah ikut serta dalam kegiatan Ngelong selama setahun ini. Kami memang menjadi guru di tempat kami mengajar, namun sebenarnya kamilah yang mendapatkan banyak pembelajaran dari tempat bertugas kami,” imbuhnya.(02)

Rekomendasi Berita