oleh

Morbidelli dan Mir Salahkan Zarco

LINGGAU POS ONLINE – Pembalap Redbull KTM Zohan Zarco jadi bulan-bulanan. Dua pembalap, yaitu Franco Morbidelli dan Joan Mir sama-sama menyalahkan Zarco karena dianggap sebagai biang kerok kegagalan mereka untuk menyelesaikan balapan MotoGP Republik Ceko, Minggu (4/8) kemarin.

Morbidelli dan Mir harus keluar dari lintasan sirkuit Brno setelah mengalami insiden di lap pertama lomba. Zarco, yang keluar dari 10 besar setelah start dari urutan ketiga, membalap dengan cukup agresif dan dirinya pun akhirnya menyundul Morbidelli yang kemudian terjatuh dan menyenggol ban motor milik Mir.

Morbidelli menganggap bahwa Zarco melakukan aksi yang tidak elegan dan pembalap Petronas Yamaha SRT ini pun berargumen bahwa Zarco bertindak begitu lantaran merasa frustrasi setelah melorot dari posisi ketiga.

“Mungkin Zarco merasa sedikit frustrasi dan itulah mengapa ia melakukan aksi yang tidak elegan terhadap saya,” ujar Morbidelli seperti dilansir Speedweek.

Di balapan tersebut, pembalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil tampil sebagai yang tercepat. Marquez mampu menjalani balapan dengan cemerlang untuk keluar sebagai pemenang.

Memulai balapan dari posisi terdepan, Marquez langsung tampil agresif dan menjauh dari rival-rivalnya. Lawan terkuat Marquez yaitu Andrea Dovizioso sejatinya berusaha keras untuk mendekatkan diri dengan sang juara bertahan.

Namun, kecepatan gesit Marquez memang sulit ditandingi dan membuat Dovizioso harus puas berada di posisi kedua. Catatan apik ditunjukkan oleh pembalap tim satelit Ducati, Jack Miller. Miller mampu merebut podium dengan finish di posisi ketiga pada akhir balapan.
Perseteruan lainnya juga terjadi antara Marc Marquez dan Alex Rins. Akibat peristiwa itu, keduanya harus memenuhi panggilan Race Direction untuk menjelaskan perihal insiden yang terjadi pada saat kualifikasi MotoGP Republik Ceko 2019, Sabtu (4/8).

Insiden itu bermula pada awal sesi, saat itu Marquez tengah melaju di belakang Jack Miller. Ketika memasuki Tikungan 7, Rins menyalip Marquez. Dan karena jarak yang begitu dekat senggolan pun tak terhindarkan.
Terpancing oleh aksi Rins, Marquez membalasnya. Pembalap Spanyol itu membuntuti Rins, lalu melewatinya di Tikungan 13. Tak hanya itu saja, sebelum keduanya masuk pit, Marquez melambat untuk membiarkan Rins melintas. Sorotan kamera kemudian menangkap momen Marquez yang menyentuh pinggang kiri Rins ketika mereka melaju berdampingan di pit lane.

“Hal yang tricky, bukan? Karena pastinya dia sekarang selangkah lebih maju dari semua orang. Dia memakai ban slick dan dia sangat kencang,” ujar Rins usai kualifikasi seperti dikutip dari Motorsport.

“Namun saya pikir dia tidak punya rasa hormat kepada pembalap lain. Dia berkendara dengan caranya sendiri. Dia sedikit melebar di Tikungan 5, dan di belakang dia ada Miller dan saya. Ketika kami melebar, dia melihat ke belakang dan dia melihat Jack dan saya. Jack melewatinya, tetapi dia kembali masuk ke racing line. Sejujurnya, dia sengaja mengganggu saya,” terang Rins. (wsa/fin)

Rekomendasi Berita