oleh

Momentum Hari Pahlawan Jadi Semangat untuk Berjuang

Peringatan Hari Pahlawan 10 November disambut oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) dengan upacara bersama.

Hadir dalam upacara peringatan Hari Pahlawan ini, Bupati Kabupaten Musi Rawas H Hendra Gunawan, Sekretaris Daerah (Sekda) Musi Rawas H Isbandi Arsyad, Kapolres Musi Rawas AKBP Pambudi, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Musi Rawas H Hermadi dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Musi Rawas, pelajar dan mahasiswa.

Dalam pidato Menteri Sosial (Mensos) yang dibacakan langsung oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan bahwa momentum Hari Pahlawan dapat memberikan kekuatan mental spiritual serta kesadaran untuk terus mengemban semangat juang yang tegak berdiri di atas cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Peringatan Hari Pahlwan sebagai bentuk untuk mengingat peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia yakni peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Di mana, peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme melebur menjadi satu menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan Indonesia.

“Pesan fundamental itulah maka Peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun ini kita mengambil tema ‘Perkokoh Persatuan Membangun Negeri, berbagai sejarah kepahlawanan, mengisahkan tentang menyala-nyalanya api harapan yang menjadi pemantik dari berbagai tindakan-tindakan heroik yang mengagumkan’,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas, Agus Susanto mengatakan dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan setidaknya ada 75 veteran dari berbagai kecamatan diundang oleh Dinsos

“Dengan momentum ini kita memberikan tali asih sekaligus memberikan reward terhadap para veteran yang ada. Ini sebagai bentuk penghargaan kita kepada negara atas jasa-jasa pahlawan,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita