oleh

Momen Bangun Nasionalisme Siswa

MPLS SMAN 1 Unggulan Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU – Personel Kodim 0406 Musi Rawas Lubuklinggau dan Muratara (MLM) dilibatkan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 1 Unggulan Lubuklinggau, 15-17 Juli 2019.

Kepala SMAN 1 Unggulan Lubuklinggau, Zulkarnain didampingi Waka Kesiswaan, Budianto menuturkan dilibatkannya anggota Kodim 0406 ini untuk menginspirasi siswa meraih cita-cita.

“Jadi tahun ini, MPLS diisi dengan kegiatan latihan baris berbaris, tata upacara sipil, dan pertahanan Negara. Pematerinya langsung disampaikan bapak-bapak personel Kodim 0406,” jelas Budianto, kemarin.

Tiga materi tersebut, kata Budianto, diberikan untuk 280 siswa baru agar nasionalisme anak terbentuk.

Selain itu, ada juga materi tentang kecerdasan individu yang disampaikan Waka Kurikulum SMAN 1 Lubuklinggau Marsudi. Menurut Budianto, kecerdasan individu penting dimiliki peserta didik agar bisa luwes bermasyarakat.

“Kecerdasan individu ini bisa melatih peserta didik kami jadi insan yang bermanfaat di masyarakat. Bagaimanapun, kita sebagai makhluk sosial penting memiliki keterampilan ini. Karena kekeluargaan, kebersamaan, itu paling penting,” terang Budianto.

Sementara Zulkarnain menjelaskan, pihaknya bersama dewan guru menyambut peserta didik baru dengan sukacita.

“Sengaja MPLS dikonsep sedemikian rupa, sampai ada materi tentang wawasan sekolah dan Cinta Tanah Air. Karena bagi kami, jiwa nasionalis penting dipupuk sejak dini. Agar anak-anak ini bangga jadi Warga Indonesia. Dan penting bagi mereka, untuk memiliki wawasan yang baik, sehingga kelak bisa bermanfaat bagi kemajuan bangsa ini,” tutur Zulkarnain.

Selain itu, SMAN 1 Lubuklinggau juga akan memberikan parade ekstrakurikuler. Soal proses MPLS, guru melakukan pengawasan penuh.

Panitia MPLS pun diwanti-wanti jangan sampai mengeluarkan kata-kata keras. Dilarang pula memberikan hukuman fisik.

“Kami ingin anak-anak tahu, bahwa di SMAN 1 Lubuklinggau ini mereka diterima dengan penuh kasih sayang,” imbuhnya.(lik)

Rekomendasi Berita