oleh

Molin-Torlin Kampanyekan Setop Kekerasan Terhadap Anak

KOTA Lubuklinggau saat ini memiliki Mobil Perlindungan Anak (Molin) dan Motor Perlindungan Perempuan dan Anak (Torlin), keduanya bantuan atau hibah dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sejak tahun 2016 mempunyai program unggulan diberi nama Tree Ends, yaitu akhiri kekerasan terhadap anak, akhiri perdagangan manusia, terutama perempuan dan anak, dan akhiri kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan. Sebagai bentuk konkret pelaksanaan komitmen tersebut, Kementerian PP dan PA memberikan bantuan sarana dan prasarana untuk daerah berupa penyediaan kendaraan operasional Molin dan Torlin.

Pemberian bantuan Molin dan Torlin ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pelayanan korban kekerasan, memfasilitasi korban, konseling, KIE, Trauma Healing, Persidangan dan Rehabilitasi serta reintegrasi sosial.

Molin dan Torlin dihibahkan kepada pemerintah daerah dan sehingga untuk biaya operasional menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, dan nantinya akan menjadi aset pemerintah daerah dengan terlebih dahulu dibalik nama. Penerima bantuan Molin dan Torlin ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No.75 Tahun 2018 tanggal 8 November 2018 tentang Penetapan Penerima Mobil dan Motor Perlindungan Perempuan dan Anak sebagai kendaraan operasional.

Serah terima Molin dilaksanakan di Hotel Novotel Bukittinggi, Sumatera Barat dari Menteri PP dan PA RI Prof. Dr Yohana Susana Yembise, Dip.Apling, MA kepada Kepala Dinas PPPA Kota Lubuklinggau sekaligus penandatanganan berita acara serah terima.(rls/nia)

Rekomendasi Berita