oleh

MKKS SMA dan SMK Kota Lubuklinggau, Berbagi Strategi dan Kiat Sukses SNMPTN 2018

Kerjasama Primagama Lubuklinggau

TIDAK sedikit siswa-siswi SMA/MA dan SMK yang tahun 2018 nanti Ujian Nasional (UN) dan lulus, bercita-cita lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
Untuk bisa lulus dalam SNMPTN bukan perkara mudah. Oleh karena itu Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA, MA dan SMK se- Kota Lubuklinggau menyelenggarakan Seminar Strategi dan Kiat Sukses SNMPTN 2018 di Gedung Kesenian Sebiduk Semare, Sabtu (18/11).
Kegiatan yang dihadiri 2.800 siswa-siswi kelas XII ini dibuka Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe. Dengan penuh semangat, bapak yang akrab dipanggil Pak Nanan itu mengingatkan kepada peserta didik untuk bisa mengamalkan tagline Linggau BISA dan SENYUM.
“Ini bukan sekadar tagline. Tapi kalau kita bisa mengamalkannya, bisa jadi penyemangat hidup. Kita harus surfive, “ pintanya.
Sebagaimana kepanjangan BISA (B-Brain artinya berpikir cerdas), Pak Nanan berharap generasi muda Lubuklinggau berpola pikir maju dan cerdas. (I-Innovations) ia juga berharap putra-putri Kota Lubuklinggau ini tidak membatasi diri untuk berinovasi. (S-Speed) untuk mewujudkan diri yang unggul, seseorang harus memiliki kemampuan dalam melihat peluang. Kecepatan merespon peluang inilah yang dinilai penting. Terakhir (A-Accountability) Pak Nanan mengingatkan agar setiap peserta didik di Lubuklinggau bisa mempertanggung jawabkan kepercayaan yang diemban mereka.
“Sebagai anak, orang yang harus kita jaga kepercayaannya adalah orang tua. Lalu guru dan masyarakat,” jelasnya.
Dibantu seorang siswi asal SMA Negeri 1 Lubuklinggau dan siswa SMAN 4 Lubuklinggau, walikota juga mengingatkan kepada siswa-siswi untuk mengamalkan tagline SENYUM (Semua untuk masyarakat). Dari jabaran tagline tersebut, ia berharap setiap waktu dalam menuntut ilmu dan bermasyarakat, siswa-siswi mengutamakan keikhlasan.
“Kalau kita menuntut ilmu ikhlas, penuh senyum, dan meluruskan niat, bahwa agar kelak kita bisa jadi insan yang bermanfaat, saya yakin kita bisa mewujudkan itu. Mari kita doa sama-sama, agar keberadaan kita di negeri ini senantiasa memberikan manfaat bagi orang lain,” harapnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua MKKS SMA-SMK Kota Lubuklinggau Zulkarnain berterima kasih kepada Pemkot Lubuklinggau, Primagama Kota Lubuklinggau juga kepala SMA, MA dan SMK se-Kota Lubuklinggau yang berkenan mendukung kegiatan tersebut.
Sekalipun perdana, acara yang diwarnai dengan penampilan band juga seni siswa-siswi SMA se-Kota Lubuklinggau itu dihadiri ribuan peserta didik. Mereka semua memiliki niat dan semangat besar untuk menimba ilmu dengan Direktur Bidang Akademik Primagama Pusat yang juga Panitia SNMPTN dan SBMPTN Pusat, Dr Setyadi Widyawawan.
Wakil MKKS SMA H Himawan Sutanto didampingi Sekretaris MKKS IG Maryanto menambahkan, siswa-siswi yang terlibat dalam kegiatan ini utusan dari sembilan SMA Negeri, 16 SMA swasta, empat SMK negeri, empat SMK swasta, dua MA Negeri dan lima MA swasta.
Dari SMAN 1 Lubuklinggau sendiri ada 398 siswa yang ikut serta dalam kegaitan ini. Zulkarnain mengimbuhkan, berdasarkan data tahun 2017 lalu, dari 255 siswa-siswi yang Ujian Nasional, 97 orang dinyatakan lulus SNMPTN dan SBMPTN.
“Doa kami sebagian besar dari 398 siswa-siswi yang akan lulus tahun ini bisa meraih cita-citanya, dengan langkah awal lulus terlebih dahulu pada SNMPTN maupun SBMPTN,” harapnya.
Hal serupa juga disampaikan H Himawan Sutanto. Kepala SMA PGRI 1 Lubuklinggau itu menjelaskan tahun 2018 nanti ada 24 siswa kelas XII yang UN.
“Biasanya memang banyak yang ikut SNMPTN. Dengan modal mengikuti seminar ini, kami berdoa mereka bisa memahami apa-apa saja yang penting untuk dipersiapkan menjelang SNMPTN,” imbuhnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita