oleh

Mitra Grab Gabung BPJS Ketenagakerjaan

LINGGAU POS ONLINE – Driver Grab juga punya hak untuk mendapatkan jaminan sosial, berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Hari Tua (JHT). Hal ini diungkapkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Lubuklinggau, Agus Theodorus dalam Sosialisasi kepada Komunitas Driver Grab, di Cafe Hambal Ayo, Selasa (17/9).

Mendengar kabar itu, para Driver Grab antusias. Bahkan ada yang mau daftar langsung sampai tiga program (JKK, JK, dan JHT) dengan iuran Rp36.800 per bulan. Bagi driver yang hanya ikut program JKK dan JKM iurannya sangat terjangkau, hanya Rp16.800 per bulan.

“Dengan nominal iuran itu, peserta sudah dapat manfaat rawat inap Rumah Sakit (RS) kelas I, biaya perawatan tidak terbatas, pengganti penghasilan ketika tidak bisa bekerja, santunan cacat, dan santunan kematian,” tutur Agus Theodorus, tadi malam.

Sementara yang ikut program JHT, uangnya bisa diambil kembali ketika sudah tidak bekerja maupun alih profesi.

“Jadi JHT-nya itu, total iuran terkumpul ditambah hasil pengembangan saldo,” imbuh Theo.

Selain langsung daftar, para Driver Grab akan menyampaikan ke rekan-rekan mereka yang belum ikut.

Para Driver Grab ini berkeyakinan, BPJS Ketenagakerjaan adalah perpanjangan pemerintah dalam memperhatikan rakyat kecil, seperti para driver Ojol, yang masuk kategori pekerja bukan penerima upah.

Manajemen Grab Lubuklinggau mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang sudah melakukan sosialisasi. Diharapkan semua Mitra Grab bisa terdaftar dan mendapatkan manfaatnya.

Saat ini ada 500-an Driver Grab di Kota Lubuklinggau dan sekitarnya. Jika mereka semua terlindungi, berarti sudah membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan melalui program BPJS Ketenagakerjaan.

Pada pertemuan itu, juga dilakukan penyerahan kartu kepesertaan secara simbolis kepada Pengurus Grab Lubuklinggau. (*)

Laporan : Sulis

Rekomendasi Berita