oleh

Miris!! Jembatan Penyeberangan Orang di Jalan Garuda Kotor dan Berbau

LINGGAU POS ONLINE, PASAR PERMIRI – Kondisi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Garuda Kelurahan Pasar Pemiri, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, sangat memprihatinkan. Fasilitas Umum, yang dibangun untuk masyarakat yang ingin menyeberang jalan tersebut, kini sangat kotor dan berbau.

Pantauan wartawan Linggau Pos, beberapa masyarakat yang melintas di jembatan ini terlihat berjalan dengan cepat lantaran tidak tahan dengan bau pesing, sambil menutup hidung.

Devi (46) salah seorang warga saat melintas JPO mengungkapkan, kondisi JPO saat ini sangat mengganggu dirinya yang memang sering memanfaatkan JPO saat menyeberang jalan.

“Karena bau pesing, dan agak terganggu. Kita jadi tidak nyaman saat menyeberang,” ungkap Devi, Minggu (5/11).

Andie (34), masyarakat lain yang ditemui ketika melintas bersama seorang putranya mengaku, memilih melewati jalan tersebut karena satu-satunya akses jalan kaki di area pasar, sekaligus fasilitas untuk menyeberang hanya JPO.

“Kalau lewat sini, mau tidak mau harus menahan bau pesing dan tidak sedap lainnya. Terpaksa tetap lewat, karena jalan paling cepat ke pasar dan menyeberang, kalau lewat bawah kendaraan ramai,apa lagi ajak anak kecil,” ungkapnya.

Ia menyayangkan, kenapa JPO yang sudah dibangun dengan bagus, tetapi tidak terawat.

“Harusnya masyarakat yang biasa membuang air kecil sembarangan, bisa sadar dan tidak lagi melakukan Buang Air Kencing di fasilitas umum. Selain itu, pemerintah terkait segera tanggap dan menindaklanjuti keluhan masyarakat.

“Saya sering lewat, tapi belum ada perubahan dan tetap kumuh. Padahal JPO ramai dilewati masyarakat. Kalau bisa diperbaiki, tentu akan mempercantik kawasan di sini,” harapnya.

Wilsa (26), warga lainnya berharap ada perhatian dari pihak terkait, agar keadaannya tidak seperti ini. Mengingat bau pesing dan tidak sedap sangat mengganggu, apalagi kalau malam hari jadi terkesan jorok dan kumuh.

“Harapannya dapat segera diperbaiki dan dibersihkan oleh pemerintah. Jadi semua yang melewati nyaman dan bersih, ditambah semakin cantik dan indah tentunya,” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani saat dikonfirmasi menegaskan pihaknya tidak mengetahui kalau kondisi JPO saat ini memprihatinkan.

“Kita menghimbau kepada masyarakat, untuk bersama-sama menjaga lingkungan. Terutama, di fasilitas-fasilitas umum. Intinya, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan harus ditingkatkan. (CW02)

Komentar

Rekomendasi Berita