Minta Pemkab Musi Rawas Usir Perusahaan Tanpa HGU

LINGGAUPOS.CO.ID – Koalasi Anti Korupi dan Investigasi Negara, Kamis (16/7/2020) melakukan aksi di Pemkab Musi Rawas dan Badan Pertahanan Nasional (BPN) Musi Rawas.

Dalam aksi itu, Ali Muaf selalu koordinator aksinya mengatakan meminta agar perusahaan jangan diberikan izin beroperasi, jika hanya mengantongi izin lokasi dan izin usaha perkebunan dari Bupati.

“Izin lokasi adalah hak bagi perusahaan berada di sana, izin usaha perkebunan adalah hak perusahaan di sana. Tetapi bukan merupakan hak atas tanah, ada perkebunan yang beroprasi diduga tanpa HGU di Musi Rawas, mereka itu ilegal dan harus dihentikan,” katanya.

Karena itu juga, ia minta penegak hukum serta Pemkab Musi Rawas bertindak tegas, dengan menutup perusahaan perkebunan yang diduga beroprasi tanpa HGU. “Kami minta, tangkap itu perusahaan yang beroprasi tanpa HGU,” katanya.

Kemudian, pihaknya juga mendesak Kepala BPN Musi Rawas membuka semua dokumen HGU, untuk mengetahui perusahaan apa saja yang ternyata belum memiliki HGU.

“Serta kami meminta kepada Pemkab Musi Rawas agar bertindak tegas, usir semua perusahaan perkebunan di Musi Rawas yang nakal dan tidak mematuhi peraturan jangan sampai menjadi macam ompong,”  jelasnya.

Dalam aksi itu, mereka sempat ditemukan perwakilan BPN Musi Rawas Dewi. Namun ia belum bisa menyampaikan apa yang harus dilakukan. Karena ia hanya mewakili Kepala BPN Musi Rawas yang sedang sakit.(*)

Rekomendasi Berita