oleh

Minta Pelayanan Maksimal di Puskesmas

LINGGAU POS ONLINE, KARYA BAKTI – Semakain membaiknya layanan dan fasilitas di Puskesmas Swasti Saba, yang menjadi viral di Media Sosial (Medsos) ternyata diakui oleh pasien mereka. Terbukti, kebanyakan warga Kelurahan Karya Bakti memuji fasilitas dan pelayanan di Puskesmas tersebut.

Pantauan wartawan pada Senin pukul 09.00 WIB, sejak pagi Puskesmas tersebut sudah ramai didatangi pasien berobat.

Salah seorang pasien, Nidah (28) yang datang ke Puskesmas bersama anaknya mengaku, kalau sakit ia selalu berobat ke Puskesmas Swasti Saba.

“Saya sering ke sini karena memang rumahnya dekat sini. Yang saya suka dokternya baik, enggak jutek pokoknya,” ungkap Nidah.

Nidah mengatakan, Puskesmas itu selalu menjadi pilihan pertamanya saat sakit. Dia senang karena dokter di Puskesmas itu selalu memberi penjelasan dengan lengkap. Selain itu, para dokter juga tidak pelit waktu.

“Malah kalau kita sudah selesai berobat, mereka yang tanya, ada lagi yang mau ditanyakan. Jadi, kita puas konsultasinya,” ucapnya

Ketika ditanya apa yang harus dibenahi dari Puskesmas ini, Nidah terdiam sesaat. Matanya menerawang seolah sedang memikirkan sesuatu.

“Apa ya, kayaknya enggak ada. Sudah baik menurut saya. Dipertahankan saja yang sudah baik ini,” ucap Nidah.

Hal yang sama disampaikan oleh Kurniawan (30). Ia menceritakan kesannya ketika masuk ke Puskesmas ini. Dia senang karena dilayani dengan baik, bukan hanya oleh para dokter, melainkan juga oleh pegawai lainnya.

“Dari pegawai di loket, (petugas) security, sampai OB pada ramah-ramah. Kalau ditanya apa-apa ngejawabnya enak. Jadi, kami merasa dilayani,” ujar Kurniawan.

Siang itu, Kurniawan mengantar neneknya yang hendak berobat. Dia juga senang dengan konsep one stop service bagi lansia yang ada di Puskesmas itu.

Konsep itu membuat pasien lansia tidak perlu naik turun tangga untuk mendapat pelayanan kesehatan. Semua proses pengobatan dari mulai pendaftaran, pemeriksaan dokter, uji laboratorium, dan pengambilan obat dilakukan di lantai 1 khusus untuk lansia.

“Jadi, yang pasien yang sudah tua tuh enak, enggak capek naik turun naik tangga. Semuanya di lantai 1,” ujar Kurniawan.

Kurniawan juga kesulitan ketika ditanya apa yang harus diperbaiki di Puskesmas itu.

“Menurut dia, manajemen Puskesmas hanya harus mempertahankan pelayanan yang sudah baik seperti sekarang ini,” tutupnya, (CW02).

Komentar

Rekomendasi Berita