oleh

Minta Camat Tebing Tinggi Klarifikasi

Kasus Pemecatan Ketua RT/RW

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Empat Lawang, sudah melakukan pemanggilan dan meminta penjelasan dari pihak Kecamatan Tebing Tinggi. Pemanggilan itu terkait dipecatnya Ketua RT/RW diduga secara sepihak oleh oknum Lurah di kecamatan tersebut.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Empat Lawang, Herman Rusul mengakui hal tersebut. Disampaikannya, pihak DPRD Empat Lawang, sudah meminta klarifikasi dengan camat. Dan camat memenuhi panggilan DPRD Empat Lawang hadir di Komisi I DPRD Empat Lawang, untuk dapat memberikan penjelasan.

“Sudah, tadi DPRD Empat Lawang melalui Komisi I, sudah memanggil camatnya dan camatnya sudah memberikan penjelasan,” ungkap Herman Rusul, di gedung DPRD Empat Lawang, Rabu (20/12).

Dari penjelasan didapatkan pihak DPRD Empat Lawang terungkap informasi jika pemecatan yang dilakukan, karena sebelumnya Ketua RT/RW banyaklah yang ditunjuk daripada yang dipilih langsung oleh warganya.

“Ini menurut camat, saat kita minta penjelasan terkait pemecatan Ketua RT/RW,” katanya.

Selain itu, Herman menyatakan penjelasan camat kepada pihaknya bahwa Ketua RT/RW yang dipecat, banyak juga sudah menjabat tiga kali, dan umurnya sudah mencapai 65 tahun. Pemberhentian Ketua RT/RW yang dilakukan karena akan dilakukan pemilihan ulang yang akan diserahkan ke warganya masing-masing.
“Jadi, yang dipecat itu, nanti akan kembali lagi menjadi Ketua RT/RW mereka, jika nanti dipilih dan dikehendaki warganya. Artinya, mereka tetap dipakai sebagai Ketua RT/RW,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda Empat Lawang, RM Sobri mengaku belum mengetahui permasalahan mendasar terjadinya pemecatan Ketua RT/RW yang cukup menyita perhatian masyarakat di Kabupaten Empat Lawang, akhir-akhir ini.

“Kita belum begitu jelas permasalahannya secara mendasar, karena memang tidak ada laporannya masuk ke kita,” aku Sobri.

Sobri mengungkapkan pada kasus ini, Bagian Tapem Setda Empat Lawang siap dimintai penjelasannya jika nanti diperlukan oleh DPRD Empat Lawang. Sepanjang itu diketahui pihaknya.

“Tentu saja kita akan datangi, jika nanti diperlukan pihak DPRD Empat Lawang untuk memberikan penjelasan terkait persoalan ini,” terangnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita