oleh

Minimalisir Anak Mainkan Gadget

Susun Puzzle Tingkatkan Keterampilan Kognitif

Zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, sudah tidak aneh jika anak lebih sering membawa gadget untuk memainkan game favoritnya. Padahal permainan yang sederhana tidak kalah seru untuk anak anda.

Laporan Qori Musdhalifah, Lubuklinggau

SELAIN itu banyak permainan yang dapat membantu dalam perkembangan emosi pada anak. Salah satu permainan yang dapat anda kenalkan pada anak adalah bermain puzzle. Puzzle adalah mainan menyusun gambar, gambar diacak terlebih dahulu.

Sehingga anak mencoba menyusunnya di dalam bingkai dengan menghubungkan potongan-potongan kecil sehingga menjadi gambar utuh.

Puzzle merupakan permainan yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan anak dalam merangkainya, bermanfaat bagi anak dan bersifat edukatif.

“Anak didik TK Mardhotillah 3 juga sering dan sangat senang ketika diajak melakukan permainan menyusun puzzle. Karena dengan terbiasa bermain puzzle, lambat laun mental anak didik akan terbiasa bersikap tenang, tekun, dan sabar dalam menyelesaikan sesuatu,” kata kepala TK Islam Terpadu Mardhotillah 3, Surastina.

Lanjutnya, anak-anak juga akan mendapatkan kepuasan tersendiri jika mereka dapat menyelesaikan puzzle. Kepuasan tersebut dapat menjadi salah satu pembangkit motivasi anak untuk mencoba hal-hal lainnya.

“Selain itu permainan puzzle banyak memiliki manfaat untuk peserta didik, diantaranya meningkatkan kemampuan berpikir dan membuat anak belajar berkonsentrasi, melatih koordinasi tangan dan mata, meningkatkan keterampilan kognitif, melatih kesabaran melatih daya ingat melatih nalar dan lainnya,”ungkapnya. (*)

Rekomendasi Berita