oleh

Minim Anggaran Job Fair Lubuklinggau Ditiadakan

LINGGAU POS ONLINE- Enam tahun terakhir Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau rutin membuka Job Fair, dan menjadi agenda tahunan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Lubuklinggau. Tidak di tahun 2019, kegiatan ini ditiadakan, dengan alasan minim anggaran.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Lubuklinggau, H Purnomo kepada Linggau Pos, Minggu (21/9) mengakui sebelumnya kegiatan ini sudah dikonsep. Bahkan, wacananya akan mengundang lebih banyak perusahaan agar berpartisipasi dalam kegiatan ini, namun karena keterbatasan anggaran pengajuan Disnaker Kota Lubuklinggau tidak disetujui.

“Sudah kita upayakan, masuk dalam kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Lubuklinggau tahun 2019. Karena tidak disetujui, diajukan lagi dalam APBD Perubahan Tahun 2019, ternyata masih belum disetujui,” jelas mantan Kabag Kesra Setda Kota Lubuklinggau ini.

Ditambahkan Purnomo, Disnaker Kota Lubuklinggau hanya mengadakan kegiatan rutin yaitu pelatihan bagi Pencari Kerja (Pencaker). Pelatihan ini bantuan dari Kementrian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI.

“Kalau pelatihan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), kegiatan menggunakan APBD seperti penilaian ISO, penyelesaian sengketa ,” ungkap Purnomo.

Diakui Purnomo, Job Fair tersebut sangat bermanfaat bagi Pencaker. Selain itu memudahkan Pencaker untuk mencari informasi pekerjaan, mengingat seluruh perusahaan di Kota Lubuklinggau turut berpartisipasi.

Laporan Peny Anggraini

Rekomendasi Berita