oleh

Miliki Sabu 1,08 Gram, Dituntut Dua Tahun Bui

LUBUKLINGGAU – Hadi Purbatioso (33) warga Jalan Pengayoman Kelurahan Tabak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, dituntut selama dua tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Rahmawati SH. Demikian terungkap dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau, Rabu (16/1).

Ia dituntut seberat itu, karena diduga memiliki narkotika jenis sabu seberat 1,08 gram.

Sidang kasus ini, dipimpin Hakim Andi Barkan SH,MH didampingi Hakim Anggota Indra Lesmana SH dan Syahreza Papelama SH,MH dengan Panitera Pengganti (PP) Rahmad Wahyudi SH.

JPU beranggapan terdakwa melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang (UU) RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, hingga ia menuntut terdakwa selama du tahun penjara.

Adapun pertimbangan JPU yang memberatkan, bahwa perbuatannya bertentangan dengan program pemerintah yang lagi gencar-gencarnya memberantas narkoba. Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya.

Kemudian, sidang ditunda oleh majelis hakim hingga Rabu (23/1) pekan depan, dengan agenda putusan.
Berdasarkan surat dakwaan JPU, Jumat, 21 September 2018 sekitar pukul 10.00 WIB terdakwa bersama Todi Hariyadi berangkat dari Lubuklinggau menuju simpang Surulangun Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), untuk mengantar solar menggunakan mobil Pick L300 warna hitam Nomor Polisi (Nopol) BG 9653 GD.

Saat tiba di lokasi, terdakwa mengetahui jika tempat ia mengatarkan solar tersebut, sering dijadikan tempat mengonsumsi narkotika. Maka dari itu, terdakwa mengambil paket sabu di belakang TV, kemudian pulang ke Lubuklinggau.

Todi Haryadi, tidak mengetahui jika terdakwa membawa paket sabu. Kemudian sekitar pukul 19.30 WIB, di Jalan Soekarno Hatta depan SPBU Durian Rampak Kecamatan Lubuklinggau Utara I, tiba-tiba dihadang oleh satu mobil dari depan dan dua mobil dari samping, ternyata dari petugas Polres Lubuklinggau.

Kemudian terdakwa turun dan suruh tiarap, kemudian oleh petugas terdakwa disuruh tiarap, lalu tas sandang terdakwa disuruh dibuka oleh petugas.

Sewaktu dibuka ditemukan tiga paket plastik klip kecil yang berisikan kristal putih seberat 1,08 gram, kemudian terdakwa dan barang bukti, digiring ke Mapolres Lubuklinggau.(awj)

Rekomendasi Berita