oleh

Mesin Pompa Air TK Diembat Maling

LINGGAU POS ONLINE, TABA REMANIK- Aksi pencurian di wilayah hukum Polres Musi Rawas(Mura)kembali terjadi. Kali ini giliran mesin pompa air Sanyo PWH 137 di milik TK As-Sifa di Desa Taba Remanik, Kecamatan Selangit, Kabupaten Mura.

Pompa air terletak di sumur belakang TK itu hilang Senin (30/4). Kejadian ini baru pertama kali, pada hal mesin pompa air sudah dibuat pengamanan terali besi dan diberi kunci gebok.

Sumar (35), penjaga TK As-Sifa, mengatakan hilangnya mesin pompa air baru diketahui pukul 08.00 WIB, Senin (30/4). Saat itu Sumar bermaksud membuka kran air, untuk mengambil air. Setelah dibuka ternyata airnya tidak keluar. Setelah dilihat mesin pompa air sudah tidak berada lagi ditempatnya, dengan kondisi gembok sudah dirusak.

“Aksi pencurian ini sudah sangat meresahkan warga. Padahal mesin pompa itu sudah dibuat terali pengaman dan digembok. Sudah belasan tahun saya tinggal di sini, belum pernah hilang dan baru ini kejadian kehilangan,” kata Sumar, kepada koran ini Senin (1/5).

Sumar menjelaskan, ia memperkirakan tersangka pelaku pencuri itu lebih dari satu orang. “Kalau pelakunya sendirian tidak akan bisa, karena posisi mesin itu di dalam sumur dengan kedalaman lebih kurang 2,5 meter,” jelas Sumar.

Senada dikatakan, Ema (22) Guru TK As-Sifa, kejadian ini sudah sangat meresahkan warga setempat, karena dalam seminggu terakhir aksi pencurian juga terjadi di rumah warga. Sudah banyak warga kehilangan barang-barang elektronik, seperti TV, speaker, dan hewan ternak kambing.

Kejadian pencurian sudah dilaporkan kepada pemerintah desa, dan untuk warga yang mengalami kehilangan lainnya, banyak yang enggan melapor ke polisi. Karena dalam pengurusannya sangat banyak waktu terbuang, dan pelakunya belum tentu bisa tertangkap.

Ema berharap supaya aparat kepolisian khususnya anggota Bhabinkamtibmas lebih proaktif menjalankan tugas di wilayahnya. “Seperti melakukan patroli pada malam hari, untuk mengantisipasi tidak kejahatan pencurian,” harapnya.

Sementara itu Kapolres Mura, AKBP Bayu Dewantoro, melalui Kapolsek Terawas, Iptu Haerudin mengatakan, pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat mengenai maraknya aksi pencurian di desa tersebut.

“Sampai saat ini belum ada yang datang untuk melapor, tapi kita akan mengecek kebenaran informasi tersebut,” ungkap Haerudin.

Diakui Haerudin, pihaknya sudah menempatkan Bhabinkamtibmas di setiap Kecamatan. Dan ia mengimbau untuk para warga, jika ada kejadian cepatlah melapor ke pihak berwajib. (04)

Rekomendasi Berita