oleh

Mesin Partai Mulai Bergerak

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Partai Demokrat, Golkar, PKS, Hanura, PKB, PBB, NasDem dan Gerindra memastikan dukungannya ke bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar. Menyusul dua Partai Politik (Parpol) baru yakni Partai Perindo dan PSI serta terakhir PAN.

Deklarasi masing-masing Parpol pengusung pun diakui H SN Prana Putra Sohe sengaja dilaksanakan bertahap.

“Setelah mendeklarasikan dukungan, kami berharap mesin partai mulai bergerak,” ungkap bapak yang akrab dipanggil Nanan ini.

Bahkan, sampai kini sudah ada 20 relawan NanSuko, yang siap mendukungnya

Nanan mengaku sangat optimis. Terutama setelah banyak mendapat dukungan dari Parpol.

“Bahkan dari hasil survei sudah terlihat, dari kalangan mana yang paling banyak mendukung. Yakni dari kalangan pemuda dan ibu rumah tangga,” ungkapnya.

Sementara itu bakal calon Walikota Lubuklinggau Rustam Effendi saat dibincangi mengaku semakin optimis untuk maju sebagai bakal calon kandidat saat Pilkada mendatang. Untuk itu ia siap mengikuti semua mekanisme yang ada, serta menyiapkan strategi untuk memenangkan Pilkada mendatang.

Disinggung dari kalangan mana, yang membuatnya optimis bisa meraup banyak suara. Ia pun mengaku optimis, bisa meraup banyak suara dari seluruh kalangan.

Optimismenya itu tidak terlepas dari wakil yang bakal mendampinginya, Riezky Aprilia.

“Ya mudah-mudahan, karena pasangan saya perempuan, maka peluang untuk meraup suara ibu-ibu juga banyak,” ungkapnya.

Lantas bagaimana tanggapannya, terkait kembali berperang dengan lawan yang sama sebagaimana Pilkada 2013 lalu.

“Keyakinan dan atas izin Allah, yang menjadi modal saya. Karena kedua alasan itu juga, semua tahapan sampai saat ini bisa saya ikuti dengan lancar. Yang pasti saat ini tinggal ikuti mekanisme yang ada, berdoa agar terus mendapat izin, serta diberikan kesehatan,” ungkapnya kembali.

Sementara itu, Pengamat Politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri) Dr Joko Siswanto, mengatakan hitung-hitungan dukungan Parpol, mengenai kekuatan incumbent masih tetap berpeluang besar. Karena pasangan incumbent, memiliki akses yang lebih gampang untuk mendekati masyarakat.

“Namun, karena calon kandidat lama yang kembali ‘berperang’, artinya lawan incumbent pun sudah punya hitung-hitungan sendiri serta modal yang cukup. Mengingat, semua kandidat ketika menyatakan siap maju maka menargetkan menang,” jelasnya.

Atau ia melanjutkan, mengenai sosok figur kandidat serta Parpol pendukung yang tidak bekerja. Hal ini juga, yang harus menjadi perhatian pasangan incumbent.

“Karena untuk Pilkada, orientasinya lebih ke figur kandidat. Tentunya melalui pendekatan personal. Belum lagi ketika dalam perjalanan tahapan Pilkada, Parpol pendukung tidak bekerja secara maksimal, ya sama saja. Untuk itu kandidat harus pastikan, kalau Parpol pendukung harusnya bisa kompak,” ungkapnya.

Sementara, Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto mengatakan untuk saat ini, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah Pasangan Calon (Paslon) yang akan bertarung di Pilkada Lubuklinggau Juni 2018 mendatang.

Karena memang saat ini belum ada belum masuk tahapan pencalonan. Sebab, pendaftaran Paslon akan baru dibuka pada 8-10 Januari 2018. Namun, saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi faktual terhadap pencalonan H Toyeb Rakembang-Sofian.

“Tim verifikator yang terdiri dari PPS (Panitia Pemungutan Suara, red), tengah melakukan verifikasi faktual terhadap berkas dukungan calon perseorangan, apakah akan dinyatakan memenuhi syarat atau tidak, kita belum bisa memastikannya,”kata Gatot.

Meski begitu, Pengamat Politik Lokal asal Kota Lubuklinggau, Topandri Tanjung mengatakan sudah ada dua Paslon yang akan maju di Pilkada Lubuklinggau, yakni pasangan petahana H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar dan H Rustan Efendi-Riezky Aprilia.

Sebab, menurut Topan kedua bakal Paslon tersebut sudah didukung gabungan Parpol, dan sudah memenuhi syarat yang sudah ditentukan yakni didukung 20 % dari Parpol pemilik kursi di legislatif Lubuklinggau. H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar didukung Partai Demokrat, Golkar, NasDem, PKB, Gerindra, PBB, PKS, PAN dan Hanura. Sementara H Rustam Efendi-Riezky Aprilia sudah dapat dukungan dari PDIP dan PPP.

“Dengan komposisi ini, artinya sudah ada dua Paslon yang dipastikan maju di Pilkada mendatang,” kata Topan.

Tapi, dilanjutkan Topan ada satu Paslon lagi yang kemungkinan akan maju lewat jalur perseorangan, yakni H Toyeb Rakembang-Sofian. Keduanya merupakan kader-kader terbaik PAN, baik untuk wilayah Kota Lubuklinggau maupun Kabupaten Musi Rawas, karena keduanya sudah dua periode mendapat amanah dari masyarakat. Dan mereka maju lewat jalur perseorangan, karena PAN di Kota Lubuklinggau tidak memiliki kursi satu pun.

“Sebenarnya, dengan datangnya Zulkifli Hasan yang merupakan Ketua Umum PAN, membuat publik ragu apakah keduanya tetap akan maju atau tidak. Sebab, PAN walaupun tidak memiliki kursi sudah memberikan dukungannya ke NanSuko. Tapi, ternyata mereka tetap maju terus dan makin bersemangat,” jelas Topan.

Apalagi, masih dikatakan Topan kedua kader terbaik PAN tersebut memiliki finansial yang cukup, karena sudah dua periode menjadi wakil rakyat. Jadi analisa terakhir 60 % untuk dua Paslon dan 40 % untuk tiga Paslon. (09/11)

Komentar

Rekomendasi Berita