oleh

Merah Putih Berkibar di HTI

Pengajar Muda Mura Gita Kusmawardiani:
“Petugas Upacara dan Paskibra di Desa Harapan Makmur adalah siswa dan siswi SMPN Bumi Makmur Kelas Jauh…..”

LINGGAU POS ONLINE, MUARA LAKITAN – Masyarakat wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) di Kabupaten Musi Rawas (Mura) juga mengibarkan Sang Merah Putih. Salah satunya di Desa Harapan Makmur, sebuah desa di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI), Kecamatan Muara Lakitan.

Desa yang juga wilayah penempatan Pengajar Muda Kabupaten Mura itu menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati HUT RI ke-73, Jumat (17/8).

“Ini kolaborasi desa dengan Kepala SDN Harapan Makmur,” jelas Pengajar Muda Kabupaten Mura, Gita Kusmawardiani.

Upacara desa dilaksanakan di halaman SDN Harapan Makmur dan dihadiri siswa-siswi TK Tunas Harapan, SDN Harapan Makmur, SMPN Bumi Makmur Kelas Jauh, perangkat desa, dan masyarakat umum.

Menurut Gita, Petugas Upacara dan Paskibra di Desa Harapan Makmur adalah siswa dan siswi SMPN Bumi Makmur Kelas Jauh. Petugas pengibar bendera terdiri dari 2 pasukan yaitu Pasukan 8 dan Pasukan 17.

Dalam proses latihan, anggota Paskibra dilatih beberapa orang seperti Levy Ari Permana (Guru Garis Depan), Sarbini (Guru Bina Kawasan dari Kemenag) yang ditugaskan di Suku Anak Dalam Desa Harapan Makmur, serta Kepala Sekolah SDN Harapan Makmur, Iswandi.

Saat upacara, anggota Paskibra ini mengenakan seragam sekolah berwarna hitam dan putih, ikat leher berwarna merah, sarung tangan putih, serta peci hitam dengan hiasan bendera merah putih di sebelah kanan topi.

Iswandi membenarkan, upacara HUT RI tahun ini lebih baik dari tahun lalu.

Selain persiapan lebih matang, pengibaran Bendera Merah Putih berhasil diiringi Pasukan 8 dan Pasukan 17.

“Kalau tahun lalu hanya diiringi oleh Pasukan 8 . Kami berharap kolaborasi antara sekolah dan desa dapat terus ditingkatkan dalam kegiatan-kegiatan lain,” terang Iswandi.(02)

Rekomendasi Berita