oleh

Menyasar ke-15 Kecamatan

Dana Bergulir Baru Terealisasi Rp 339 Juta

Dari total anggaran sebesar Rp 1,5 miliar untuk pinjaman dana bergulir di Kabupaten Rejang Lebong baru terealisasi Rp 339 juta. Dana bergulir tersebut menyasar ke-15 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong.

Laporan Syamsul Ma’arif, Curup

Kepala Dinas perindustrian, perdagangan, Koperasi dan UKM kabupaten Rejang Lebong, Sabirin, Kamis (23/11) menjelaskan, meski realisasi anggaran dana bergulir ini masih Rp 339 juta, namun pihaknya terus menyosialisasikan pada masyarakat.

Dengan harapan, katanya, dana tersebut bisa dimanfaatkan membantu pengembangan usaha warga kurang mampu. Dipaparkan, sejumlah kelompok yang sudah mengajukan pinjaman dana bergulir tersebut pada tahap pertama sebanyak 50 yang terdiri dari 720 orang dengan jumlah dana yang dialokasikan sebesar Rp 207 juta.

Lalu, sambungnya, pada tahap kedua sebanyak 15 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 150 orang dengan nominal Rp 67,5 juta.

“Pada tahap ketiga terdapat 18 kelompok dengan jumlah anggotanya sebanyak 215 orang dan nominal dana yang dikucurkan Rp 64,5 juta,” paparnya.

“Dari peminjam dana bergulir tanpa bunga ini rata-rata digunakan untuk modal usaha dalam bidang perdagangan, buruh, petani serta jenis usaha lainnya. Total kelompok yang sudah mengajukan pinjaman sebanyak 83 kelompok dengan jumlah penerima sebanyak 1.085 orang,” jelasnya.

Pihaknya, tambahnya, telah menyiapkan anggaran senilai Rp 1,5 miliar untuk program peminjaman dana bergulir tanpa bunga dengan besaran pinjaman Rp 300 ribu per KK dan dana tersebut dikembalikan dengan cara mengangsur selama 10 bulan.

“Untuk meminjam dana bergulir cukup membentuk kelompok usaha, kemudian calon penerima bantuan ini adalah masyarakat penerima beras sejahtera (Rastra) yang memiliki usaha, melampirkan surat keterangan dari desa/kelurahan,” tambahnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita