oleh

Mensyukuri Nikmat yang Diberikan Allah SWT

Pengalaman religi dirasakan H Saidi HZ (54). Mantan Kepala Kemenag Kota Lubuklinggau ini merasakan hal luar biasa. Setelah menunaikan ibadah umrah bersama keluarga besarnya.

Saat perjalanan naik pesawat dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang transit ke Bandara Soekarno Hatta, dilanjutkan dengan transit di Bandara Kolombo Srilangka, menimbulkan kesan mendalam. Saidi sapaannya berbagi hikmah didapatkan saat umrah dilaksanakan 7 Mei hingga 17 Mei 2018 lalu. Berikut pengalaman suami Hj Eka.

Bagi saya umrah yang saya jalani bersama keluarga ini merupakan Mukmatmar Umat Islam. Apa maksudnya? Ya, tak lain dikatakan muktamar umat Islam, karena dari seluruh dunia umat Islam berkumpul, bertemu di tanah suci Mekkah Almukarromah. Di sana terjadi interaksi antar umat Islam, saling mengenal satu dengan yang lainnya.

“Semua jenis perbedaan antara kaya miskin, antara kulit putih kulit hitam, perbedaan bahasa menjadi cair. Karena tujuan sama ibadah mencari ridho Allah SWT,” ungkap Saidi di kediamannya, Kelurahan Majapahit, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Jumat sore (18/5).

Ia meneruskan hal ini tergambar dari rangkaian rukun, wajib haji atau umrah. Antara lain, Tawaf, Sai dengan pakaian Ihram. Maknanya? “Saat itu orang diingatkan dengan kematian pakai kain kafan, artinya manusia harus mempersiapkan diri untuk bertemu Tuhan-nya,” beber Saidi juga pernah menjabat sebagai Kepala Kemenag Kabupaten Empat Lawang, yang sekarang misbar ke Pemkab Muratara.

Untuk itulah, Saidi mendapatkan makna yang terkandung dalam haji dan umrah.

“Saya mensyukuri nikmat Allah, karena sudah dapat melaksanakan haji atau umrah. Setiap ibadah yang dilakukan untuk mendapat Ridha Allah SWT, dan yang paling penting lagi meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ungkap Saidi yang menjalankan umrah dengan Travel Umrah Rihaal (Umrah & Edukasi). Jemaahnya mencapai 67 jemaah dari Kota Lubuklinggau. Ia menilai umrah yang dijalankan ini berjalan lancar dengan fasilitas yang memadai. (08)

Rekomendasi Berita