oleh

MenPAN Diganti Pengaruhi Jadwal Penerimaan CPNSD

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Presiden Republik Indonesia (RI), H Joko Widodo telah melakukan reshufel (merombak,red) kabinet kerja salah satunya Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN RB), Asman Abnur. Keputusan ini diyakini akan memengaruhi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) 2018.

Kepala Badan Kepegawaian Pembinaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Lubuklinggau, H Ikhsan Roni mengakui hingga saat ini belum ditentukan kuota maupun jadwal penerimaan. Dengan digantinya menteri baru yang dijabat Komisaris Jendral (Komjen) Syafrudin dipastikan akan ada pembahasan lanjutan penerimaan CPNSD 2018.

“Kita harapkan pembahasan maju dan ada perkembangan, kuota dan jadwal sudah diputuskan. Jangan sampai justru mental ke belakang, mengulang dari awal dan meminta mengajukan kebutuhan CPNSD lagi,” harap Ikhsan Roni, Jumat (17/8).

Diakui Ikhsan Roni, Pemkot Lubuklinggau sudah dua kali mengajukan kuota CPNSD yang dibutuhkan. Pengajuan pertama berdasarkan analisis jabatan, dan pengajuan kedua berdasarkan jumlah ASN yang pensiun.

Pengajuan pertama lebih kurang 500 orang baik untuk teknik, kesehatan, maupun tenaga pendidik. Sedangkan pengajuan kedua hanya 118 berdasarkan ASN yang pensiun 2018, baik untuk teknis, kesehatan dan guru.

BKPSDM Kota Lubuklinggau masih menunggu jadwal pembahasan lanjutan dari KemenPAN RB.

“Pertemuan terakhir satu pekan lalu (Senin, 13/8), akhir Agustus 2018 sudah diketahui kejelasannya. Dengan adanya menteri baru belum ada informasi lanjutan,” ungkap Ikhsan Roni.

Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H Rodi Wijaya mengaku pergantian menteri bukan menjadi alasan KemenPAN RB untuk mengulang lagi mekanisme penerimaan CPNSD. Apalagi masing-masing daerah sudah melakukan persiapan maksimal, termasuk anggaran yang dibebankan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masing-masing kabupaten/kota.

“Kami harapkan ada informasi baik, bukan justru malah mengulang lagi dari nol pembasahan terkait penerimaan CPNSD ini,” harap Rodi Wijaya.(07)

Rekomendasi Berita