oleh

Menjelajah Pesona Keindahan Air Terjun Penganingan

Gemakan Lahat Sebagai Bumi Seratus Air Terjun

Bicara keindahan alam di Kabupaten Lahat tak akan pernah habisnya, salah satunya pesona keindahan air terjun. Berdasarkan data dari Panoramic of Lahat, tercatat ada lebih dari 130 destinasi air terjun di Kabupaten Lahat. Salah satunya air terjun yang berlokasi di Desa Talang Sawah dan Talang Sejemput Kecamatan Lahat Selatan. Bagaimana keindahannya? Berikut liputannya

Lahat, Edwin Agustian

Untuk ke lokasi destinasi bernama air terjun Penganingan ini, melalui rute menyeberangi jembatan Benteng menuju Desa Tanjung Payang untuk selanjutnya terus menuju Desa Talang Sawah yang berjarak sekitar 15 Kilometer (Km).

Setiba di Desa Talang Sawah, tepatnya di pertigaan ke Desa Talang Sejemput, terus berjalan lurus mengikuti jalan ke arah Desa Perangai Kecamatan Merapi Selatan. Setelah menempuh perjalanan sekitar 500 meter dari Desa, selanjutnya akan tiba di jembatan sungai Cawang dan kemudian lalu belok ke arah kanan menyusuri jalan setapak yang sudah dicor.

Kemudian selanjutnya menyusuri jalan setapak sejauh 1,5 Km. Meskipun jauh, namun sangat menyenangkan menyusuri jalan setapak dengan kontur berliku dan naik turun dengan pemandangan kebun karet di kanan kiri jalan. Kemudian, selanjutnya melalui jalan setapak yang belum dicor sekitar 200 meter. Dan, tibalah di tempat parkiran berupa kawasan kebun kopi.

Usai memarkirkan kendaraan, perjalanan selanjutnya yakni menyusuri kebun kopi, kebun durian dan rimbun bambu. Perjalanan dari parkiran menuju air terjun tidaklah terlalu jauh, hanya memakan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Dan, tibalah di lokasi air terjun dengan airnya nan jernih dikelilingi pepohonan nan hijau, sangat indah dan sejuk dipandang mata. Pohon bambu di sekitar air terjun menambah rindang dan asri air terjun Penganingan. Air terjun ini masih sangat alami dan belum sama sekali ada sentuhan bangunan modern, sangat cocok untuk dijadikan obyek wisata alam atau ecotourism.

“Perpaduan kebun karet, kebun kopi, kebun durian, pohon bambu dan air terjun sangat ideal menjadi obyek wisata edukasi alam untuk anak-anak dan remaja agar mereka lebih mencintai alam,” kata Ketua Panoramic of Lahat, Mario Andramartik, Senin (27/11).

Selain Penganingan, di Desa Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan juga terdapat dua destinasi air terjun lagi. Hanya saja, letaknya lebih jauh lagi, yakni di lereng Bukit Barisan.

Keindahan air terjun ini, menurut Mario, sangat potensial dijadikan obyek wisata Kabupaten Lahat. Apalagi jalan dari ibukota Kabupaten juga sudah ada, tinggal memperbaiki jalan dari desa menuju air terjun dan fasilitas pendukung lainnya, seperti toilet dan gazebo.

“Kalau saja hal ini menjadi perhatian serius Pemkab Lahat untuk membangun pariwisata seiring dengan telah ditetapkannya Kabupaten Lahat sebagai KSPP (Kawasan Strategi Pariwisata Propinsi, red) bersama empat kabupaten/kota lainnya di Sumatera Selatan dari 17 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan,” jelas penggiat wisata ini.

Jika hal ini terwujud dengan baik, sambungnya, maka air terjun ini akan menjadi obyek wisata yang bagus dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa khususnya yang terdekat dengan air terjun. Masyarakat dapat menjual makanan, minuman dan oleh-oleh bahkan dapat menyewakan rumah mereka menjadi homestay bagi pengunjung yang berasal dari luar Lahat.

“Semoga hal ini akan terwujud dan julukan Lahat sebagi Bumi Seratus Air Terjun akan terus menggema di seantero Indonesia,” tutupnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita