oleh

Mengenal Ekstrakurikuler Ipaltek

EKSTRAKURIKULER Ipaltek (Ikatan Pecinta Alam Teknologi) SMKN 3 Lubuklinggau, pencinta alam ini pasti orang-orang yang suka menelusuri alam pastinya dan nggak takut lelah ya, yang terbentuk sejak 22 April 1994, yang kini di bawah binaan Nurtina Gunawan, yang sekarang memiliki anggota 33 orang dari kelas X, Xl dan Xll. Yuks guys kita simak kegiatannya.

Sistem latihannya bagaimana?

“Kami latihan setiap minggu, pukul 14.00 WIB-17.00 WIB. Sistemnya di sini kita materi terlebih dahulu seperti materi mountaineering (pendakian), susur gua, survival (bertahan hidup di alam bebas), rock climbing (panjat tebing), navigasi darat, P3K, Arung jeram dan MI (Mental Intelejensi) lalu masing-masing materi dapat dipraktikan contohnya seperti climbing atau panjat tebing kita mempraktikannya di wall Petanang di sana ada alat-alat panjat tebing yang memberikan materi tersebut dari para senior Ipaltek lalu dibantu oleh organisasi pecinta alam dari sekolah yang lain,” tegas Doni Apriansyah, Ketua Umum Ipaltek SMKN 3 Lubuklinggau.

Agenda khususnya apa ?

“Agenda khusus kita itu survival agar kita dapat bertahan hidup waktu di hutan dan di gunung, Latgab (Latihan Gabungan) dengan pecinta alam Palastu Sikma Sikda, berkunjung ke wisata-wisata di Kota Lubuklinggau dalam rangka pelantikan anggota baru di Watervang, pendakian itu sering kami lakukan tapi bukan atas nama sekolah melainkan keinginan kami sendiri, mendaki kami sering melakukannya saat libur sekolah untuk mengisi waktu kosong kami dan saling memperkuat persaudaraan kami,” ungkapnya.

Manfaat ikut Ipaltek ini apa sih menurut mu?

“Manfaat mengikuti organisasi pecinta alam itu banyak manfaatnya dari yang kita tidak tahu tentang alam menjadi tahu, kita dapat saling berkomunikasi antara organisasi lain, meningkatkan kualitas pendidikan kita yang tidak dapat kita peroleh dari sekolah. Lalu kita banyak diajarkan tentang persaudaraan sesama organisasi dan menjaga alam lingkungan serta saling membantu sesama manusia contohnya seperti membantu pengalangan dana buat korban bencana alam yang terjadi,” ujarnya.

Keuntungannya apa?

“Kita dapat sedikit ilmu yang bermanfaat bagi kita yang tidak ada di pelajaran sekolah, kita juga mendapatkan banyak teman dan saudara baik dari sekolah lain maupun organisasi pecinta alam yang lain dan bagi yang hobi panjat tebing keuntungannya dia dapat menjadi atlet,” ujarnya.

Pernah membuahkan prestasi?

“Alhamdulillah Ipaltek pernah Juara 2 Lomba Hasta Karya di STKIP-PGRI Lubuklinggau, Juara 2 Bersih-Bersih Sampah, Juara 2 Lomba Panjat Tebing kategori Lead Putri, Juara Harapan di Unmura dan Juara 4 di Bengkulu Lintas Kota,” ungkapnya.

Wadahnya seperti apa?

“Pecinta alam itu cocok untuk pelajar seperti kami karena mengandung banyak nilai-nilai positif serta meningkatkan kualitas pendidikan apa lagi waktu kosong kami dapat di manfaatkan untuk belajar atau menambah ilmu tentang alam, membuat kami lebih kreatif dan saling merekat atau menjalin keakraban antar sesama sekolah,” ungkapnya.

Ada nama panggilan khusus nggak untuk Ipaltek-nya?

Ipaltek (Pecinta Alam Dan Teknologi) untuk nama pencinta alam SMKN 3 Lubuklinggau dan Panji Hijau itu adalah kesatria berslayer hijau karena kami memakai slayer hijau, slayer itu tanda pengenal bahwa kami anggota dari Ipaltek,” tambahannya.

Menurutmu pribadi nih bagaimana rasanya mengikuti ekstrakurikuker Ipaltek ini?

“Menurut saya pribadi mengikuti organisasi pecinta alam ini sangat bermanfaat dan berguna yang saya rasakan dari segi materi dari yang saya tidak tahu menjadi tahu dan banyak lagi soal pengalaman saya sangat senang karena saya banyak mendapatkan pengalaman selama mengikuti organisasi pecinta alam ini serta saya juga banyak mendapat kesempatan untuk belajar,” tutupnya. (s4)

Rekomendasi Berita