oleh

Mengenal Buah Naga, Si Kaya Vitamin

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Belajar tak melulu harus di dalam kelas. Dari alam bebas pun, anak bisa mendapat ilmu. Hal ini pula yang dilakukan anak Didik PAUD Bunda PKK. Bersama kepala PAUD dan guru serta orang tua mereka mengunjungi kebun buah Naga di Jalan Jenderal Pol. Moh Hasan (Watas) Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Jumat (17/11).

Anak didik diperkenalkan dan diberi tahu tentang buah Naga, bagaimana proses penanaman buah Naga dan manfaat buah Naga. Seorang guru PAUD Bunda PKK, Lilis Suryani mengungkapkan kunjungan kali ini memang mengusung tema perkebunan dan tentang cinta kepada alam.

Tujuannya agar anak didik Bunda PKK memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai manfaat dari buah dan proses terbentuknya buah karena melalui proses alam.

“Sehingga anak akan lebih mencintai alam dan tidak akan merusak alam dengan kegiatan hal yang kurang baik,” jelasnya.

Ia meyakini, kegiatan ini juga mengajarkan kepada anak, bahwa memakan buah itu sangat baik untuk kesehatan. Apalagi buah Naga kaya akan vitamin C. Menurut USDA, sepotong buah Naga (100 gr) diketahui mengandung sekitar 9 mg vitamin C. Kehadiran vitamin ini dalam buah Naga tersimpan dalam bentuk asam askorbat, vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Bahkan, menurut lembaga pertanian buah Naga adalah buah yang sangat kaya akan keluarga vitamin B. Dalam sepotong buah Naga diketahui mengandung sekitar 0,045 mg vitamin B2 (riboflavin), 0,430 mg vitamin B3 (niasin), dan sejumlah kecil vitamin B1 (tiamin). Kehadiran keluarga vitamin B membuat buah Naga bermanfaat untuk melembabkan kulit, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah, membantu memecah karbohidrat menjadi energi untuk tubuh, dan dapat meningkatkan nafsu makan ketika sedang sakit.

“Pesan saya untuk anak-anak agar rajin untuk makan buah, karena di dalam buah terutama buah Naga memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh,” ujarnya.

Tidak hanya berkesempatan melihat tanaman dan buah Naga secara langsung, rombongan juga berkesempatan menikmati segarnya buah Naga yang kaya manfaat untuk kesehatan. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita