oleh

Mengantisipasi Pungli di Desa dan Kecamatan

Perwakilan Warga Ikuti Sosialisasi Saber Pungli

Penyelenggara ditingkat desa dan kecamatan se-Kabupaten Rejang Lebong mengikuti sosialisasi tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Kegiatan ini berlangsung di ruang pola Pemda Rejang Lebong, Selasa (24/4).

Laporan Syamsul Ma’arif, Curup

Sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi. Dihadiri Wakapolres Rejang Lebong Kompol Hardinata, Ketua DPRD Rejang Lebong M Ali dan FKPD.

Bupati menyatakan dengan sosialisasi ini diharapkan mengantisipasi terjadinya Pungli-Pungli yang ada di desa maupun kecamatan. Apalagi, saat ini desa mengelola anggaran yang cukup besar. Baik Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) . Dengan jumlah mencapai Rp 1 miliar lebih.

“Dalam setahun, desa mengelola anggaran lebih dari Rp 1 miliar mengantisipasi terjadinya Pungli perlu dilakukan sosialisasi agar pengelolaan DD sesuai aturan,” katanya.

Menurut dia, adanya tim Saber Pungli bisa memberikan rambu-rampu pada desa. Agar tidak melakukan kesalahan dalam melakukan pengelolaan dan pembangunan di desanya masing-masing.

Menurut Hijazi, dalam pengelolaan anggaran di desa perlu pembenahan. Terutama dibidang administrasi.

“Secara fisik pelaksanaan dikerjakan, administrasinya perlu dibenahi,” harapnya.

Rencananya, sambung Bupati, kedepan dilakukan Bimtek perencanaan dalam pembangunan desa. Agar pelaksanaan anggaran di desa bisa lebih maksimal.(*)

Rekomendasi Berita