oleh

Mendongeng Asah Ide Kreatif Anak

LINGGAU POS ONLINE, PASENAN – Setiap anak memiliki kelebihan. Tak hanya dari sisi akademik. Guru pun harus mampu menggali potensi anak didiknya dari sisi non akademik. Seni peran misalnya.

“Kami sedang berusaha mengasah ide dan kreativitas siswa-siswi SDN Sri Pengantin dengan berdongeng,” tutur Guru Muda Program Indonesia Mnegajar Syafaruddin kepada Linggau Pos, Selasa (14/11).

Menurutnya, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang membuat teks naratif, siswa merangkai cerita lalu diperankan layaknya tokoh dalam cerita tersebut menggunakan puppet (boneka tangan).

Siswa juga mengembangkan kreativitas dalam membuat frame sebagai tempat mereka bercerita dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di alam sekitar seperti bambu dan rotan.

“Memang pembelajaran begini sangat sederhana. Namun siapa tahu, ini bisa jadi jalan pembuka mereka untuk menjadi pendongeng terbaik nasional kelak. Tugas kami sebagai guru menggali potensi mereka. Maka kami berjuang untuk membangun optimisme mereka untuk mencapai cita-cita,” tutur Syafaruddin.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita