oleh

Mendikbud Kagumi Pembangunan Muba

Datangkan Dua Menteri, Fasilitas Pendidikan Bertambah

LINGGAU POS ONLINE, SEKAYU – Luar biasa, kata inilah yang pantas disematkan untuk Kabupaten Musi Banyu Asin (Muba). Betapa tidak, Senin (5/2), ‘Bumi Serasan Sekate’ yang dikomandoi Bupati H Dodi Reza Alex Noerdin berhasil mendatangkan dua Menteri sekaligus yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Muhajir Effendy.

Kedatangan dua menteri Kabinet Kerja ini sekaligus membagikan sebanyak 260 Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan meninjau pembangunan sekolah dan asrama Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Bung Karno serta melakukan peletakan batu pertama pembangunan SMK Pertanian Muba Maju Berjaya.

“Datang ke Muba ini saya serasa pulang ke kampung halaman, pak Dodi memang sangat serius membangun infrastruktur di Muba ini, saya perhatikan sangat banyak sekali perubahan,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Menurutnya, ide dan terobosan pembangunan sekolah dan asrama PPLPD Sekayu tersebut sudah sangat tepat dilakukan, mengingat Muba sudah memiliki fasilitas olahraga berskala internasional yang lengkap.

“Tentu dengan diimbangi pembangunan PPLPD ini ke depan akan lebih banyak lagi atlet berpotensi dan berkualitas yang akan dilahirkan dari Kabupaten Muba,” tutur putri mantan Presiden Megawati Soekarno Putri itu.

Puan optimis, Muba bisa menjadi etalase pencetak atlet di Indonesia.

“Terus lahirkan bibit unggul untuk kebaikan prestasi olahraga di Indonesia,” harapnya.

Senada diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Muhajir Effendy. Ia mengatakan, kualitas pendidikan di Muba terdengar hingga ke tingkat nasional.

“Terlebih program pelatihan guru dan siswa yang difasilitasi Bupati Muba belajar hingga ke Australia,” ungkap Muhajir.

Lanjutnya, apa yang dilakukan Pemkab Muba sudah sangat tepat dan seiring waktu terus berkembang.

“Muba juga memelopori program sekolah gratis, nah ke depan harus terus dimaksimalkan,” tukasnya.

Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin menyebutkan pembangunan PPLPD Muba akan terus dikebut.

“PPLPD inilah nantinya akan jadi wadah sekaligus motor penggerak meningkatkan potensi dan bakat bibit atlet di Muba,” terangnya.

Selain itu, pembangunan SMK Pertanian yang mulai dibangun juga akan menerapkan metode experential learning yakni tenaga pendidik dari praktisi perkebunan dan kerjasama dengan perusahaan perkebunan yang ada di Muba dan Dinas Pemkab Muba.

“Nantinya juga akan melibatkan dan bekerja sama dengan 40 perusahaan pertanian di Kabupaten Muba,” ungkapnya. (rls)

Komentar

Rekomendasi Berita