oleh

Membentuk Karakter Pelajar

Ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 7 Lubuklinggau ini memiliki lebih kurang 30 anggota, di bawah binaan Gerry dan Damai, yang memang terbentuk sudah lama. Simak yuk guys, apa saja kegiatannya?

Bagaimana sistem latihannya?

“Kami latihan setiap Sabtu, sepulang sekolah. Sistemnya kekeluargaan dan junior senior. Di sini kami latihan sesuai silabus untuk materinya. Misalnya minggu ini materi, minggu depan lapangan atau dua minggu berturut-turut untuk lapangan dan sebaliknya,” jelas Alfi salah satu anggota Pramuka SMA Negeri 7 Lubuklinggau.

Materi yang disampaikan tentunya sesuai dengan silabus yang ada.

“Biasanya yang mengisi materi itu pembina dan kadang juga kakak senior. Salah satu materinya sandi-sandi, dan kalau di lapangan itu simaphore dan tandu,” ungkapnya.

Disela-sela latihan, tak lupa mereka menyisipkan permainan kelompok dan juga pernah sesekali refreshing dengan para anggota Pramuka.

Ada agenda khusus pada ekstrakulikuler kalian?

“Biasanya kami tiap satu semester itu mengadakan outbond dan juga perkemahan Sabtu Minggu,” ungkap Alfi.

Seberapa penting sih ekstrakulikuler Pramuka itu?

“Menurut saya, sangat penting karena untuk dijadikan patokan pengembangan diri dan kepribadian yang lebih unggul lagi untuk kedepannya,” lanjutnya.

Yah Smarters, Pramuka ini salah satu ekstrakurikuler pembentuk karakter. Di sini kita diajarkan untuk berani, mandiri, disiplin, tegas, bertanggung jawab, bijaksana dan pendidikan karakter lainnya.

Ketika kita mengadakan kemah salah satunya, kita diajarkan untuk mandiri banget. Bangun pagi, masak sendiri, melatih mental untuk tidur di alam terbuka, disiplin dan memanfaatkan alam untuk segala hal ketika sedang kemah.  Sudah pada pernah kemah belum Smarters? Yang belum, jangan ragu-ragu ya seru lho. (s3)

Komentar

Rekomendasi Berita