oleh

Membaca Bisa Membuka Wawasan

LINGGAU POS ONLINE- Mantan anggota DPD RI periode 2014-2019 yang merupakan Duta Literasi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Hj Percha Leanpuri hadir di Safari Gerakan Literasi di Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kamis (17/10).

Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengatakan safari gerakan literasi ini merupakan upaya pemerintah untuk membangkitkan minat baca di Kabupaten Mura. Karena, dengan safari gerakan literasi dapat menambah pengetahuan.

“Pengetahuan akan bertambah dengan gemar membaca,” katanya.

Jadi, melalui safari literasi ini diharapkan dapat menumbuhkan minat baca, melalui berbagai macam inovasi. Agar, mereka gemar datang ke perpustakaan.

Sementara itu Duta Literasi Provinsi Sumsel, Hj Percha Leanpuri mengatakan kalau dirinya terkesan dengan kunjungan di Kabupaten Mura, karena dilakukan di taman. Kunjungan ke Kabupaten Mura merupakan yang ke-15 dari 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumsel.

Ia menjelaskan, kalau kita punya ilmu dan wawasan tentu bisa bersaing. Namun apabila sebaliknya maka kita tidak akan bersaing.

“Ini yang harus dipahami, sebab dengan rajinnya kita membaca bermanfaat untuk kita sendiri, bukannya orang lain. Ini yang harus dipahami,” jelasnya.

Maka, anak-anak harus termotivasi untuk menambah pundi-pundi ilmu pengetahuannya, dengan rajin membaca. Karena, membaca dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Jadi, dirinya berharap agar duta literasi yang merupakan perpanjangan tangan dari bunda baca, dapat menyosialisasikan agar anak-anak gemar membaca dan menulis.

Diketahui, sudah dikukuhkan Unisa siswi SMAN Terawas dan Yudi Eriansyah dari SMAN Terawas sebagai Duta Literasi Kabupaten Mura.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita