oleh

Membaca Ampuh Hilangkan Stres

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Main game atau nonton TV menjadi tantangan berat bagi orang tua yang ingin menumbuhkan kebiasaan membaca bagi anak-anaknya.

“Ya saya sadar itu. Tapi pada dasarnya, membaca hendaknya menjadi pilihan bukan paksaan,” terang Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas, Irwan Evendi melalui Kabid Pendidikan Non Formal (PNF), Ngatino, Jumat (7/9).

Di tengah proses mendorong putra-putri Musi Rawas bebas buta aksara, Ngatino menjelaskan, untuk membiasakan anak membaca, biarkan minat yang menuntun mereka.

“Bila anak Anda lelaki berusia 12, dia tidak akan tertarik membaca buku tentang putri raja dan kuda poni. Sebaliknya beri dia buku tentang hal-hal yang menarik minatnya. Lebih cocok lagi bila anda memilihkan buku yang tokohnya berusia sebaya dia,” sarannya.

Dan dari berbagai riset, anak-anak cenderung untuk suka membaca jika orang tua mulai membacakan cerita sejak mereka masih kecil. Tidak ada istilah terlalu dini untuk membacakan buku buat mereka. Bahkan ada manfaat untuk membacakan buku buat anak sejak bayi.

“Dengan membaca untuk anak sejak bayi, kita memberi lebih banyak kesempatan untuknya mengembangkan keterampilan awal untuk berkomunikasi. Selain itu anak-anak menyukai perhatian orang tuanya dan hal ini memperkuat hubungan batin anak dan orang tua,” terangnya lagi.

Membaca itu, jelasnya, banyak manfaat. Mulai dari menggugah khayalan sampai menghilangkan stres. Terbukti mereka yang sering membaca buku memiliki kosakata yang kaya, dipertajam ingatannya dan bahkan bertambah kepercayaan dirinya.

“Semua manfaat ini memberi dampak yang positif sepanjang hidup anak,” imbuhnya.(lik)

Rekomendasi Berita