oleh

Melawan Polisi Tersangka Curas Ditembak

Di PUT, Kapolsek Gagalkan Aksi Begal

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Tersangka kasus Pencurian dengan Kekerasan (Curas), Ade (20) meringis menahan sakit. Warga Jalan Merdeka Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Curup kesakitan saat dibawa ke RSUD Curup, Senin (27/8) sekitar pukul 22.00 WIB.

Rupanya Ade ditembak pada bagian kaki karena melakukan perlawanan saat hendak ditangkap polisi.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Ordiva melalui Kasat Reskrim, JP Jery Nainggolan, menjelaskan tersangka diamankan di Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara diduga terlibat dalam Pencurian dengan Kekerasan (Curas). Kejadian tersebut terjadi Jumat (24/8) di Jalan Merdeka, Kelurahan Pasar Tengah, Kecamatan Curup.

Saat ini, kata Kasat Reskrim, tersangka masih dalam pemeriksaan di Mapolres Rejang Lebong untuk penyelidikan lebih lanjut. Jery Nainggolan menjelaskan, kronologi bermula saat korban diketahui bernama Akbar (18) pelajar warga Gang Mawar Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Curup Timur bermain di salah satu tempat hiburan di Kelurahan Banyu Mas.

Tersangka juga berada di sekitar lokasi tersebut, tersangka sempat mengajak korban untuk mengantar pulang mengambil jaket di rumahnya dan tak lama kembali ke tempat hiburan. Selang beberapa waktu kemudian, tersangka kembali meminta korban untuk mengantarnya kembali ke sebuah rumah makan untuk meminta setoran keamanan, dan korban melihat pelaku diberi sejumlah uang oleh pemilik warung.

Tak lama kemudian, korban dan tersangka kembali ke arah tempat hiburan semula. Saat di perjalanan tiba-tiba tersangka menyikut korban hingga korban terjatuh dari sepeda motor dan mengalami luka pada bagian kaki sebelah kanan. Tersangka, langsung melarikan sepeda motor milik korban jenis Yamaha GT dengan Nopol BD 6587 EV warna merah dan korban langsung melapor ke Polres Rejang Lebong.

Selain itu, juga Polisi mengamankan Ca (20) warga Kelurahan Beringin Tiga Kecamatan Sindang Kelingi. Ca diamankan karena diduga terlibat dalam tindak pidana pertolongan jahat.

“Tersangka kita amankan karena membeli barang berupa satu unit sepeda motor yang diduga dibelinya dari hasil kejahatan. Saat ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut,” tegas Kasat.

* Gagalkan Begal

Kapolsek Padang Ulak Tanding (PUT), Iptu Djarkoni berhasil menggagalkan aksi curas, Selasa (28/8) pukul 02.45 WIB. Begal itu dilakukan kawanan bandit di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, tepatnya di Jalan Umum Desa Taba Padang Kecamatan Binduriang.

Djarkoni menjelaskan penggagalan aksi Curas di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau dilakukan bersama lima personel lain. Saat patroli malam menggunakan mobil.

Di sekitar TKP di Desa Taba Padang Kecamatan Binduriang, Djarkoni melihat ada empat terduga pelaku Curas menggunakan dua kendaraan jenis Matic dan menghentikan kendaraan roda enam.

“Dua tersangka memanjat pintu mobil korban dan kami langsung melakukan tembakan peringatan,” tegas Djarkoni. Mendengar tembakan peringatan, para pelaku langsung melarikan diri ke arah jurang di sekitar TKP.

Petugas yang turun dari kendaraan patroli, langsung melakukan pengejaran.

“Kita langsung menyisir ke arah jurang, namun pelaku berjumlah 4 orang belum berhasil ditemukan,” kata Kapolsek.

Meski belum ditemukan, petugas berhasil mengamankan dua unit kendaraan yang ditinggalkan terduga pelaku di pinggir jalan berjenis Honda Beat dan Honda Mio Soul.

“Dua kendaraan ditinggalkan tersangka sudah kita amankan di Mapolsek, sementara pelaku masih dalam pengejaran petugas,” katanya. (09)

Rekomendasi Berita