oleh

Melatih Mental dan Fisik

Ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 8 Lubuklinggau sudah terbentuk sejak tahun 2013 lalu. Ekstrakulikuler ini di bawah binaan ibu Leni, dengan anggota lebih kurang 20 orang.

“Ekstrakurikuler Pramuka ini merupakan wadah untuk mengembangkan bakat, berani berekspresi, ajang untuk melatih kemandirian, disiplin dan rasa tanggung jawab,” kata Rohman, selaku Ketua Ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 8 Lubuklinggau masa bakti 2016/2017.

Bagaimana sistem latihannya?

“Kami latihan setiap Rabu. Biasanya ada pemberian materi dan praktik langsung di lapangan. Pemateri yang ngisi biasanya para senior, dan juga pembina begitu juga di lapangan,” lanjut Rohman.

Mereka juga menyelipkan permainan kecil disela-sela latihan. Juga pernah beberapa waktu lalu mereka refreshing ke Bukit Sulap, salah satu objek wisata di Kota Lubuklinggau.

Jika pematerian mereka membahas hal-hal yang berkaitan tentang kepramukaan, “Misalnya tentang sejarah Pramuka, tali menali, praktik juga tali menali buat gardu. Kadang juga Latihan Kreasi Baris Berbaris,” sambung Rohman.

Pihak sekolah juga sudah menerapkan bahwa ekstrakulikuler Pramuka menjadi ekstrakulikuler wajib yang harus diikuti oleh para siswa dan sisiwi. Mereka juga ternyata memiliki nama khusus atau seperti julukan untuk ekstrakulikuler mereka yaitu, Banteng Team.

Walaupun ekstrakulikuler yang belum lama terbentuk ini mereka sudah membuahkan beberapa prestasi.

“Alhamdulillah tim kami sudah membuahkan beberapa prestasi seperti, juara pertama lomba miniatur dan juara kedua lomba menembak yang dilaksanakan di STKIP-PGRI Lubuklinggau tahun 2016 tingkat sekota Lubuklinggau,” ujar Rohman.

Anak Pramuka tidak pernah absen ketika ada perkemahan ya genks, salah satunya Banteng Team ini pernah mengikuti perkemahan di Bumi Perkemahan beberapa waktu lalu.

Bagaimana respon sekolah terhadap ekstrakulikuler ini?

“Respon sekolah mendukung dengan adanya ekstrakulikuler ini, apalagi sudah dijadikan ekstrakulikuler wajib ya,” lanjutnya.

Pentingnya Gabung Ekstrakulikuler Pramuka

“Di ekstrakulikuler ini kita dilatih untuk mandiri, berani mencoba hal baru, lebih dekat dengan alam pastinya dan juga memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Fisik dan mental kita juga dilatih,” ungkap Rohman.

Yups, benar banget nih genks, mental dan fisik kita yang dilatih di ekstrakulikuler Pramuka ini. Jadi, sangat bermanfaat jika kita gabung di ekstrakulikuler ini, mencoba untuk lebih dekat dengan alam sekitar. Happy Weekend!(s3)

Komentar

Rekomendasi Berita