oleh

Mbah Koel Hadir Mewarnai Kuliner Lubuklinggau

-Ekbis-233 dibaca

LINGGAUPOS.CO.ID- Makanan tradisional saat ini sudah sangat jarang ditemui, terlebih di daerah perkotaan seperti Kota Lubuklinggau. Namun masih banyak orang mencari makanan tradisional karena rasanya yang enak. Melihat peluang itu, hadir Mbah Koel sebagai wadah untuk mempermudah orang-orang dalam memenuhi kerinduannya akan makanan tradisional.

Owner Mbah Koel, Zapid E Randa kepada linggaupos.co.id menceritakan awal mula adanya Mbah Koel ketika perbincangan sederhana ala anak muda antara dirinya dan teman-temannya dan menurutnya ide bisnis kuliner saat ini cukup memiliki profit yang menjanjikan.

“Pertamanya memang ngobrol biasa, tapi saya dan teman-teman ingin dari tongkrongan bisa menghasilkan. Alhasil terciptalah Mbah Koel,” katanya.

Sementara makna dari Mbah Koel sendiri dirinya menjelaskan diambil dari kata Mbah, koel atau kue dan bakul. Kata Mbah dipakai karena biasanya pembuat jajanan tradisional kebanyakan Mbah-mbah atau Nenek-nenek yang telah turun temurun membuat hidangan tersebut.

Ia menambahkan sedangkan bakul sendiri merupakan wadah atau tempat kue tersebut dihidangkan. Biasanya pada zaman dahulu para pedagang mewadahi makanannya di dalam bakul. Meskipun namanya Mbah Koel, namun yang mengelola adalah sekumpulan anak-anak muda yang kreatif.

Dapat dikatakan ide dari pengemasan hingga menu-menu yang disediakan oleh Mbah Koel terbilang langka. Mulai dari Kotak, Alas Kue yang dilengkapi Kata Mbah, serta desain logo Mbah Koel itu sendiri yang sangat sederhana. Sama seperti tagline yang mereka pakai.

“Tagline kita itu sederhana penuh rasa, artinya ya meskipun makanan kita ini hanya berasal dari singkong, dari ketan, sederhana sekali tapi penuh dengan rasa” jelasnya.

Rasa itu pun diungkapkan Zapid dengan makna kenangan atau kehangatan serta nostalgia para pembeli setia Mbah Koel. Karena sekarang ini mereka sudah jarang menemui makanan saat mereka kecil dahulu. Beberapa menu yang tersedia di Mbah Koel yakni Lupis, Cenil, Getuk, Gomak, Gemblong, Nagasari, Putu Mayang dan masih banyak lagi lainnya.

Jajanan tradisional yang dikemas secara modern ini berhasil mewarnai kuliner Kota Lubuklinggau karena kian hari pembeli Mbah Koel kian bertambah. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, hanya Rp10 ribu saja per kotak.

Jadi bagi anda yang ingin kembali mengingat masa-masa indah menikmati Makanan Tradisional yang tak lekang oleh waktu, anda dapat menghubungi Mbah Koel melalui Instagram @mbahkoel atau melalui WA: 089513273579.(*)

Rekomendasi Berita