oleh

Mayoritas Hewan Kurban di Rejang Lebong Sistem Arisan

LINGGAU POS ONLINE– Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Taman melalui Kepala Bidang Peternakan, Hendra Yani menuturkan, mayoritas kalangan umat muslim dalam melaksanakan ibadah kurban dengan sistem arisan.

“Kebanyakan sistem arisan, karena dinilai ringan, kalau sekaligus mungkin berat,” tutur Hendra Yani dikonfirmasi Minggu (11/8).

Sistem arisan yang digalang kalangan jamaah masjid, dilakukan setiap bulan, sehingga waktu pelaksanaan kurban bisa tercapai.

“Ada juga yang tidak sistem arisan, namun mendaftarkan dulu, pas mendekati hari kalau ada kekurangan tinggal melunasi lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk pendataan hewan kurban di Kabupaten Rejang Lebong pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, jumlah kurban sebanyak 2.237 hewan baik jenis kerbau, sapi maupun kambing. Dari 2.237 ekor hewan yang dikurbankan, sambungnya, paling banyak yakni jenis kambing.

“Paling banyak kambing, jumlahnya 1.442 ekor, sementara kerbau 20 ekor dan sapi sebanyak 775. Jumlah ini meningkat dari tahun kemarin,” katanya.

Hendra Yani juga memaparkan, dari pendataan 15 kecamatan untuk Kecamatan Curup sebanyak 183 ekor jenis sapi, 5 ekor kerbau dan 187 kambing. Kemudian untuk Kecamatan Curup Timur sebanyak 62 sapi, 3 kerbau dan 84 kambing. Curup Utara 23 sapi, 1 kerbau dan 51 kambing.

Selanjutnya Kecamatan Curup Selatan 48 sapi dan 80 kambing. Curup Tengah 257 sapi, 11 kerbau dan 114 kambing. Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) 18 sapi dan 76 kambing, Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) 9 sapi dan 44 kambing, dan Kecamatan Kota Padang 13 sapi dan 54 kambing.

Kecamatan Binduriang 2 sapi dan 50 kambing, dan untuk Kecamatan SBU sebanyak 76 ekor kambing. Untuk Kecamatan Sindang Kelingi sebanyak 31 sapi dan 139 kambing, Sindang Dataran sebanyak 5 sapi dan 49 kambing, Selupu Rejang 93 sapi dan 233 kambing.

Selanjutnya kecamatan Bermani Ulu sebanyak 10 sapi dan 92 kambing dan kecamatan Bermani Ulu Raya sebanyak 21 sapi dan 113 kambing. Menurut Hendra, dari hasil pendataan hewan kurban di 15 kecamatan kemungkinan masih ada yang belum terdata.

“Mungkin ada yang belum terdata beberapa ekor, kemungkinan bisa bertambah jumlahnya,”katanya.

Terpisah, pada lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong pada lebaran Idul Adha tahun ini menyembelih 10 hewan Kurban.

“Untuk di lingkungan kantor Kemenag kita memotong 10 ekor, 9 ekor 1 dan 1 ekor kerbau,” kata Kepala Kemenag Rejang Lebong, H Lapulangi didampingi Kepala Sub Bag Tata Usaha, Supani.

Dijelaskan Supani, dari 10 ekor hewan akan disebar ke 1.000 masyarakat lebih.

“Daging ini akan kita sebar ke masyarakat, termasuk ke fakir miskin, pensiunan dan lainnya,” papar Supani.

Dijelaskan Supani, dari 10 ekor sapi yang dikurbankan, merupakan sumbangan dari sejumlah karyawan dan karyawati yang ada di lingkungan Kemenag Rejang Lebong.

“Kita iuran setiap bulan, dari hasil iuran inilah kita mendapatkan 10 ekor ternak untuk dikurbankan,” sambung Supani.(sam)

Rekomendasi Berita