oleh

Mata Membesar, Sutina Butuh Bantuan

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Miris menyaksikan kondisi nenek Sutina (65) warga Sungai Lidi Dalam, Kelurahan Pasar, Kecamatan Tebing Tinggi, Jumat (6/4). Nenek Sutina diduga mengidap penyakit tumor jinak pada bagian kelopak matanya.

Saat Harian Empat Lawang berkunjung ke rumah Sutina, kemarin terlihat mata Sutina sebelah kiri bengkak besar. Penyakit tersebut sudah ia derita sejak enam tahun silam.

“Mata saya bengkak seperti ini pertama kali karena mengambil buah mangga untuk cucung saya. Saat itu mata saya tertimpa buah mangga, setengah bulan habis itu mata saya mulai bengkak,” ungkap Sutina.

Sutina mengaku, jika ia sudah berobat sampai ke Kota Palembang yakni di Rumah Sakit Umum (RSUD) Muhammad Husen. Saat itu, dokter mendianogsa bahwa ia menderita penyakit tumor jinak.

“Saya benar-benar ingin sembuh, sebab itu saya minta bantuan kepada Pemkab Empat Lawang untuk pengobatan saya ini,” pintanya.

Sampai saat ini, kata Sutina, baru sekali pihak Dinas Kesehatan Pemkab Empat Lawang menjenguk kondisi dirinya.

“Baru sekali ini Dinas Kesehatan menjenguk saya. Saya minta agar pengobatan saya ini difasilitasi oleh Pemkab Empat Lawang,” katanya.

Dikatakannya, jika ia makan seperti ikan laut, ayam putih matanya terasa sakit. Sebab itu ia saya ingin sembuh, namun dengan kondisi keuangan yang serba kekurangan ini untuk pengobatan ia merasa berat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, RR Endang melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit M Junaidi saat mendatangi kediaman Sutina menyarankan, agar Sutina berobat dan rutin kontrol ke RSUD Empat Lawang.

“Memang alat kesehatan di RSUD Empat Lawang masih banyak kurang. Namun kami meminta agar Sutina tetap melakukan kontrol kesehatannya ke RSUD Empat Lawang. Mungkin setelah kontrol, dokter dapat menyarankan untuk rujuk ke Rumah Sakit (RS) lain,” ungkapnya.

Pihaknya pun, kata M Junaidi meminta agar Sutina mengurangi aktivitas yang dapat membuat dirinya lelah. “Kalau badan lelah tekanan darah naik, sebab itu jangan terlalu lelah. Dugaan saat ini nenek Sutina menderita penyakit Propotosis yakni jaringan lemak yang ditumbuh dikelopak mata,” jelasnya. (10)

Rekomendasi Berita