oleh

Masyarakat Wajib Jalankan Tiga Pokok GERMAS

Puskesmas Sidorejo Sukses Adakan Sosialisasi

LINGGAU POS ONLINE, ULAK LEBAR – Puskesmas Sidorejo bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau, dan BPJS Lubuklinggau sukses mengadakan sosialisasi Gerakan Masyarakat (GERMAS) Rencana Aksi Daerah (RAD) Eliminasi Tuber Culosis TBS dan Bulan Imunisasi Campak.

Pelaksanaan sosialisasi itu di halaman Puskesmas Sidorejo, Jalan Depati Said, Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Kegiatan ini mengusung tema ‘GERMAS Aksi Nyata Mengajak Masyarakat Untuk Hidup Sehat’. Dihadiri 150 orang peserta, diantaranya Kepala BPJS Kota Lubuklinggau, Eka Sumsilamijaya, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan, Eli Rosida, perwakilan Polsek Lubuklinggau Barat, Camat Lubuklinggau Barat II Hj Zainona, KUA, kader dan tokoh masyarakat.

Tiga narasumber dalam kegiatan ini yaitu, Kepala BPJS Kota Lubuklinggau Eka Sumsilamijaya, Kasi Promkes Dinkes Kota Lubuklinggau Aliyan Fauzi, dan Camat Lubuklinggau Barat II Hj Zainona.

Kepala Puskesmas Sidorejo, Hj Ratna Dewi mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk mengampanyekan GERMAS kepada masyarakat khususnya Kecamatan Lubuklinggau Barat II. Agar bisa meningkatkan kesadaran mau menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

Khususnya menjalankan tiga fokus kegiatan GERMAS yang terdiri dari aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, perbanyak makan buah dan sayur, dan cek kesehatan secara rutin.

Dalam sosialisasi GERMAS RAD Eliminasi Tuberculosis TBS dan Bulan Imunisasi Campak, juga ada penampilan senam Pinguin dari Club Lansia Glamour, senam cuci dari murid SD Xaverius. Dilanjutkan makan buah bersama, dan penandatanganan komitmen dukungan masyarakat dan pemerintah terhadap rencana aksi daerah eliminasi TBC dan GERMAS.

Sementara itu Kepala BPJS Kota Lubuklinggau, Eka Sumsilamijaya mengenalkan aplikasi BPJS Android sehingga masyarakat tidak perlu membawa kartu cukup menunjukkan kartu BPJS aplikasi di Android.

Terpisah, Kasi Promkes Dinkes Kota Lubuklinggau, Aliyan Fauzi mengatakan jika hidup sehat maka akan lebih produktif. Sehingga mencari uang untuk keluarga, bukan untuk berobat.

Camat Lubuklinggau Barat II, Hj Zainona mengatakan jika sehat maka selalu mendapatkan ide untuk lebih maju. Dan ia berharap masyarakat menjalankan GERMAS dan cerdik dalam kehidupan sehari-hari.(AE03)

Rekomendasi Berita