oleh

Masyarakat Serbu Gerak Disdukcapil Musi Rawas

LINGGAU POS ONLINE- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas (Mura), launching Gerakan Cetak di Tempat Dokumen Kependudukan (Gertak), merupakan inovasi untuk memastikan semua masyarakat Kabupaten Mura tertib administrasi kependudukan.

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Kabupaten Mura, Rahmad Dinata mengatakan dengan adanya layanan Gertak masyarakat tidak lagi repot ke kantor Disdukcapil, mereka cukup mendatangi tempat pelayanan.

“Ini program baru Disdukcapil Mura. Di sini, seluruh dokumen kependudukan dan catatan sipil, kita langsung cetak di tempat,” katanya.

Ia menjelaskan, pada hari pertama launching Gertak, respons masyarakat cukup bagus. Maka, ia berharap dengan dilaksanakan program Gertak, tingkat kepatuhan administrasi kependudukan dokumen masyarakat di Kabupaten Mura meningkat. Hari pertama pelayanan dicetak KIA 350 blangko dan 25 blangko KTP-El.

“Semoga dengan adanya layanan ini, tidak ada lagi masyarakat di Kabupaten Mura yang tidak memiliki KTP, atau administrasi kependudukan lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Gunawan warga Desa Babat Kecamatan STL Ulu Terawas, mengapresiasi terobosan yang sudah dilakukan Disdukcapil Mura tersebut. Menurut, salah satu aktivis pemuda Kabupaten Mura ini, inovasi yang sudah dilakukan sangat bermanfaat untuk masyarakat, karena masyarakat tidak perlu repot lagi datang ke kantor Disdukcapil di Kabupaten Mura di Desa Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti.

“Program yang dilakukan sangat membantu masyarakat, karena memangkas pengeluaran masyarakat untuk membuat administrasi kependudukan. Sebab, dari Terawas ke Beliti, tidak cukup uang Rp50 ribu,” ujarnya.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita