oleh

Masyarakat Jangan Terpengaruh Berita Hoaks

…saya juga sempat dimasukkan dalam salah satu grup yang ada di Facebook tersebut, namun saya keluar dan segera menonaktifkan Medsos itu. Dalam isinya banyak sekali ujaran yang tak layak dan tak patut diucapkan….

Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudiyanto

Kapolres Koordinasi Dengan Cyber Polda

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Saat tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018, banyak tim pemenangan Pasangan Calon (Paslon) memanfaatkan Media Sosial (Medsos) untuk menyosialisasikan program. Namun banyak juga yang menjadikan Medsos untuk saling menghujat satu sama lain.

Yakni, dengan menggunakan akun-akun palsu untuk menyebarkan berita hoaks atau opini-opini yang tidak benar. Hal ini tentunya, penyalahgunaan dalam menggunakan Medsos, dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

Menanggapi hal tersebut Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan menegaskan kalau pihaknya segera melakukan tindakan. Yakni berkoordinasi dengan cyber Polda Sumsel, untuk membahas terkait hal tersebut.

“Nanti akan kita koordinasikan dengan Kasat Intel, dan pihak cyber crime di Polda Sumsel untuk mengusut hal ini,” tegasnya.

Sementara Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudiyanto mengatakan medsos seperti Facebook dalam pengamatannya memang banyak terdapat akun-akun palsu, yang menuai ujaran kebencian kepada Paslon Pilkada di Kabupaten Empat Lawang.

“Bahkan saya juga sempat dimasukkan dalam salah satu grup yang ada di Facebook tersebut, namun saya keluar dan segera menonaktifkan Medsos itu. Dalam isinya banyak sekali ujaran yang tak layak dan tak patut di ucapkan,” kata Rudianto.

ia menghimbau kepada masyarakat bijak dan cerdas dalam menggunakan Medsos. Jangan sampai mengarah ke tindak pidana dalam undang-undang ITE tentang ujaran kebencian.

“Banyak akun palsu yang tergabung di sana, dengan wajah dan nama disamarkan. Ini merupakan langkah untuk memprovokasi, merusak proses pilkada kita, bahkan mencari petaka,” katanya.

Kepada pihak kepolisian juga ia berharap untuk mengusut, menindak akun palsu menuai ujaran kebencian, atau perkataan yang tidak mengindahkan sesuai dengan hukum Perundang-udangan yang berlaku. Pihaknya juga akan segera berkoordinasi secara langsung, terkait hal tersebut ke polres Empat Lawang.

“Harus segera ditindaklanjuti hal itu, bukan hanya segelintir yang di rugikan bahkan nama baik Empat Lawang tercemar,” tegasnya. (10)

Rekomendasi Berita