oleh

Masyarakat Diminta Waspada Bencana

Musim Hujan Melanda Empat Lawang

Hujan mulai mengguyur Kabupaten Empat Lawang beberapa hari terakhir. Apa yang harus disiapkan warga?

Muhammad Iqbal Bakti, Tebing Tinggi

Meskipun belum terjadi bencana, masyarakat di minta waspada dengan bencana yang kerap terjadi saat musim hujan, seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Beberapa titik di Empat Lawang yang rawan banjir yakni di Desa Baturaja Baru, Desa Baturaja Lama, Desa Sugiwaras, kawasan Pasar Tebing Tinggi dan Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker).

Sementara daerah yang rawan tanah longsor diantaranya, Kecamatan Talang Padang, Ulu Musi, Paiker, Lintang Kanan dan Pendopo Barat.

Sebab itu, masyarakat meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang agar selalu memantau wilayah yang rawan akan bencana, baik itu bencana longsor maupun banjir.

“Setiap wilayah yang rawan bencana harus terus dipantau. Apalagi saat ini musim penghujan, tentunya rawan akan bencana banjir dan longsor,” kata Roy salah seorang warga Tebing Tinggi, kemarin.

Lebih baiknya lagi, kata Roy, pemerintah melakukan tindakan antisipasi disetiap wilayah yang rawan bencana.

“Semisal di daerah rawan banjir seperti Desa Baturaja Baru dan Baturaja Lama, sebaiknya dibuat tembok penahan air yang lebih tinggi atau antisipasi lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala BPBD Empat Lawang, M Taufik mengaku, jika setiap Kecamatan sudah ada personil BPBD yang standby.

“Kabupaten Empat Lawang saat ini sudah mulai hujan. Warga diminta tetap waspada bencana. Personil dari BPBD selalu standby di setiap kecamatan,” jelasnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita