oleh

Masyarakat Buang Sampah di Luar Bak

DLH Klaim Terus Berupaya Atasi Tumpukan Sampah

LINGGAU POS ONLINE, TABA JEMEKE – Kesadaran masyarakat dalam membuang sampah, hingga saat ini masih minim. Terbukti setelah dibersihkan oleh petugas kebersihan di Jalan Gedang Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, masih saja ada masyarakat yang membuang sampah di luar bak sampah.

Beberapa masyarakat pun saat dimintai tanggapan mengaku ada yang lantaran ingin cepat, namun ada juga yang mengaku sudah terbiasa karena ada petugasnya nanti yang membersihkan.

Salah satu warga setempat Hs (31) mengakui, tidak setiap hari ia buang di luar. Kebetulan saja kadang-kadang mau cepat, karena sudah terlambat masuk kerja, makanya sering buang langsung.

“Tapi banyak kok yang buang sampah di luar, dan itu biasanya ya karena mau cepat-cepat tadi,” ungkapnya.

Warga selanjutnya pun mengaku, karena sudah terbiasa dan sudah banyak yang melakukan itu, sehingga ikut-ikutan membuang di luar.

“Kalau sedang tidak sibuk yang buang di luar, tapi seringkali memang buang di luar karena yang lain pun seperti itu, makanya jadi ikut-ikutan. Tapi tidak setiap hari,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Penanggulangan Sampah DLH Kota Lubuklinggau, Sodri mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk mengatasi tumpukan sampah tersebut.

“Apalagi itu dekat dengan jalan lintas, tidak enak dipandang kalau ada tumpukan sampah. Makanya kemarin sudah kita bersihkan kembali dan ini akan terus kita lakukan, agar tumpukan sampah di sana tidak menumpuk,” kata pria tinggi ini.

Ia pun menjelaskan pihaknya sudah memberikan himbauan kepada setiap lurah di Kota Lubuklinggau, tetapi masih saja warga membuang sampah sembarangan.

“Per harinya jumlah sampah yang diangkut se-Kota Lubuklinggau sebanyak 90 ton. Itu pun tiga kali pengangkutan, pukul 06.00 WIB, pukul 11.00 WIB dan pukul 14.00 WIB,” jelasnya

Imbauan diakuinya, terus dilakukan.

“Upaya sementara pun terus kita siapkan bak sampah ukuran besar di sana. Tujuannya, agar masyarakat lebih peduli, dan mau membuang sampah pada tempatnya,” jelasnya. (CW02)

Komentar

Rekomendasi Berita