oleh

Masuk Grand Final, Berhadiah Umrah

MTQ Tingkat Kabupaten Muratara

246 PESERTA bertanding dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) IV Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Peserta dari tujuh kafilah ini memperebutkan piala bergilir.

MTQ IV tingkat Kabupaten Muratara tahun 2018 dibuka Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat, Senin (19/2).

Dirinya menyampaikan bahwasanya kegiatan MTQ bukan hal asing bagi umat Indonesia, karena dilaksanakan setiap tahun.

“Momentum ini bertujuan selain menyiarkan Islam yakni menjaring para qori dan qoriah terbaik untuk mengikuti ajang ditingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Bahkan ke tingkat nasional,” kata Syarif Hidayat.

Alquran mengandung seluruh sumber ilmu pengetahuan, berisi keteladanan, filsafah, sejarah, sehingga diharapkan kita mampu untuk mempelajari dan mengamalkannya.

“Saya mengajak untuk mari menjunjung rasa cinta dengan Alquran, mempelajari dan menjadikan Alquran sebagai pedoman dan tuntunan hidup,” imbaunya.

Dijelaskannya, saat ini pemerintah sangat mendorong dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan, di mana melalui program Pemondokan, tahun 2017 lalu Pemerintah Kabupaten Muratara sudah memondokkan sebanyak kurang lebih 360 santri dan santriwati baik di Pulau Sumatera maupun di pulau Jawa.

Bahkan, lanjutnya, sudah ada 10 orang yang kuliah di Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta. Karena mereka memiliki kemampuan dalam menghafal Alquran.

“Kepada dewan hakim dalam penilaian harus dengan jujur, objektif dan bertanggung jawab. Bagi juara nantinya akan mewakili di tingkat provinsi. Bahkan apabila berhasil ke tingkat final, akan dihadiahi umrah ke tanah suci,” tegas Syarif Hidayat.

Sebelumnya, Kabag Kesra Setda Kabupaten Muratara, Nawawi alam laporannya, panitia, dewan hakim dan panitia MTQ IV tingkat Kabupaten Muratara tahun 2018.

“Peserta yang ikut mereka merupakan para pemenang MTQ di tingkat kecamatan yang akan mengikuti perlombaan sejak tanggal 19-24 Februari 2018 mendatang,” jelasnya.

Untuk jumlah peserta MTQ IV tingkat Kabupaten Muratara tahun 2018 sebanyak 246 peserta dan 17 official. Terdiri dari, Kecamatan Nibung sebanyak 36 peserta, laki-laki 19, perempuan 17 orang, Kecamatan Karang Jaya, 13, laki-laki 8 orang, perempuan 5 orang, Kecamatan Rawas Ulu sebanyak 43, laki-laki 21, perempuan 22 orang. Kecamatan Rawas Ilir sebanyak 28,laki-laki sebanyak 15, perempuan 13 orang. Kecamatan Rupit 54, laki-laki sebanyak 27, perempuan 27 orang. Kecamatan Karang Dapo sebanyak 44 orang, laki-laki 23, perempuan 21 orang, dan Kecamatan Ulu Rawas sebanyak 30, laki-laki 18 dan perempuan 12 orang.

Hadir selain dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPR), Kakankemag Kabupaten Muratara, H Ikhsan Baijuri, hadir pula, Kakankemenag Kabupaten Empat Lawang, Saidi dan Sekretaris LPTQ Provinsi Sumatera Selatan, ustad Sulaiman M Nur.(07)

Rekomendasi Berita