oleh

Masuk Gelombang Dua, Belum Diketahui Vaksin Covid-19 Tiba di Musi Rawas

LINGGAUPOS.CO.ID – Pendistribusian vaksinasi covid-19 untuk tujuh Kabupaten/Kota sudah didistribusikan di Sumatera Selatan (Sumsel). Sedangkan 10 Kabupaten/Kota lagi di Sumsel, salah satunya Kabupaten Mura belum diketahui perkembangan kapan didistribusikan vaksinasi covid-19. Senin, (11/1/2021)

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mura, Edwar Zuliyar menjelaskan tujuh Kabupaten/Kota yang sudah mendapatkan distribusi vaksin masuk gelombang kesatu. Sedangkan untuk Kabupaten Mura termasuk dengan Kabupaten/Kota lainnya masuk gelombang kedua.

“Kan rencana kan tanggal 14 (Januari) serentak. Cuma ternyata untuk tujuh kabupaten/kota informasinya. Gelombang kedua tidak tahu kapan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini belum ada perkembangan kapan pendistribusian vaksin untuk Kabupaten Mura termasuk dengan Kabupaten/Kota lainnya yang belum mendapat vaksin.

“Sekarang sudah tanggal 10 (Januari). Besok sudah tanggal 11 (Januari), tidak mungkin dalam jangka waktu dua hari ini dia bisa nyiapkan itu. Belum ada perkembangan,” ungkapnya.

Kata Edward, rencananya vaksinasi dilakukan serentak di Kabupaten/Kota se Indonesia pada 14 Januari. Namun perkembangannya dibuat menjadi dua gelombang. Di Sumsel, gelombang pertama untuk tujuh Kabupaten/Kota. Sedangkan 10 Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel masuk gelombang kedua.

“Termasuk gelombang yang kedua kita. Kepastiannya belum tahu. Apakah dalam jangka waktu dua hari tiga hari ini, belum tahu kita,” bebernya.

Meski begitu, langkah persiapan pihaknya saat ini tengah memberikan pelatihan terhadap para vaksinator di setiap Puskesmas di wilayah Kabupaten Mura. Pelatihan tersebut diikuti setiap perwakilan puskesmas, masing-masing berjumlah lima orang. Mereka mengikuti pelatihan dengan kementerian dan provinsi via online. (*)

Rekomendasi Berita