oleh

Masih Kurang 1.212 Guru ASN

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Kekurangan guru Aparatur Sipil Negara (ASN) SD dan SMP nyaris merata di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Termasuk di Kabupaten Empat Lawang.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Dra Rita Purwaningsih MM melalui Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Arbanu, Kamis (23/8).

“Keseluruhan, kami masih kekurangan 1.212 guru SD dan SMP yang ASN. Untuk SMP saja, masih butuh 422 guru, baik untuk bidang studi Agama, PPKN, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya Mulok, Penjas Mulok dan guru Bimbingan Konseling (BK). Total guru ASN kami hanya 306 orang,” jelas Arbanu.

Untuk guru SD, masih butuh 790 ASN lagi untuk menjadi wali kelas, Guru Pendidikan Agama dan Guru Pendidikan Olahraga.

“Kalau jumlah guru SD ASN di Kabupaten Empat Lawang saat ini 946 orang, mengenai data kekurangannya di Kecamatan Tebing Tinggi saja 142 orang, Kecamatan Talang Padang 53 orang, Kecamatan Pendopo 118 orang, Kecamatan Pendopo Barat 39 orang, Kecamatan Muara Pinang 93 orang, Kecamatan Lintang Kanan 102 orang, Kecamatan Ulu Musi 67 orang, Kecamatan Sikap Dalam 32 orang, dan Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) 90 orang serta Kecamatan Saling 54 orang,” bebernya.

Arbanu menjelaskan untuk menutupi kekurangan tenaga pengajar itu, beberapa sekolah merekrut tenaga kerja tambahan atau guru honorer.

“Untuk guru honorer itu tergantung dengan kebutuhan sekolah masing-masing yang merekrut jadi kami Dinas Pendidikan tidak memegang data pasti tentang guru honorer sekabupaten Empat lawang,karena itu adalah cara setiap sekolah untuk mengakali kekurangan guru pengajar dan gajinya pun itu kewenangan dari masing-masing sekolah,” jelasnya. (CW02)

Rekomendasi Berita