oleh

Masih Ditemukan Kasus HIV AIDS

Dinkes Antisipasi Penyakit Mematikan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong mencatat masih ditemukan kasus Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS). Dari data yang ada, Dinkes menemukan ada 8 kasus HIV/AID sepanjang tahun 2017.

Laporan Syamsul Ma’arif, Curup

Plt Kadinkes Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Harmansyah didampingi Pengelola Program HIV/AIDS, Astri Nurhayati SKM, Rabu (22/11) menjelaskan, sepanjang tahun 2017 ada 8 kasus baru HIV/AIDS.

8 kasus baru tersebut diketahui setelah yang bersangkutan melakukan pengecekan kesehatan di sejumlah pelayanan pemeriksaan HIV/AIDS tersebar di sejumlah kecamatan dalam kabupaten Rejang Lebong.

Beberapa unit pelayanan HIV AIDS diantaranya Puskesmas Curup, Perumnas, Curup Timur, Padang Ulak Tanding, Bangun Jaya, Samberejo dan RSUD Curup.

“Dari delapan kasus baru saat ini masih menjalani perawatan dan pemeriksaan secara rutin,” paparnya.

Kasus ini, lanjutnya, ditemukan setelah adanya pemeriksaan di sejumlah layanan yang membuka layanan pemeriksaan HIV/AIDS di sejumlah Puskesmas di Kabupaten Rejang Lebong. Dengan adanya kasus baru ini, saat ini jumlah kasus HIV/AIDS di Kabupaten Rejang Lebong mulai dari tahun 2012 hingga Oktober 2017 tercatat ada 78 orang.

Menurutnya, proses pengobatan untuk seseorang yang telah dinyatakan terinfeksi HIV/AIDS sangat penting dilakukan, sebab dengan melakukan pengobatan rutin menjadikan virus yang ada di dalam tubuhnya tidak berkembang dan mencegah untuk menular.

Ia juga menambahkan, untuk pemeriksaan terhadap virus ini bisa dilakukan di sejumlah Puskesmas yang sudah melayani pemeriksaan HIV/AIDS, namun bila ditemukan kasus maka langkah selanjutnya mendapati penanganan RSUD Curup. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita