oleh

Masih Banyak ASN Bolos Kerja

MUSI RAWAS – Setelah selama tiga tahun dilakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev), oleh Dinas Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), ternyata masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) bolos bekerja. Hal itu pastikan, Kepala BKPSDM Kabupaten Musi Rawas (Mura), Rudi Irawan melalui Kasubid Pembinaan dan Pemberhentian, Rusmadi kepada koran ini, Senin (14/1).

2017 lalu, Pemkab Mura telah menjalankan program Monev. Tujuannya, untuk menggali mendapatkan informasi secara reguler berdasarkan indikator tertentu, dengan maksud mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung sesuai dengan perencanaan.

Sesuai aturan Peraturan Pemerintah (PP) No.53 Tahun 2010 tentang disiplin kerja ASN dan Pegawai. Dari ketentuan itu, seluruh pegawai wajib masuk kerja pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 16.00 WIB.

“Awal tahun ini ada 11 instansi meliputi dinas dan sekretariat, yang telah kita lakukan Monev. Tetapi masih saja ditemukan pegawai bolos saat menjalankan tugasnya,” kata Rusmadi.

Sebenarnya tujuan pihaknya datang ke instansi, bentuk pengawasan disiplin pegawai sekaligus melakukan Monev. Namun, untuk hasil dari laporan cukup baik, hanya saja saat dilakukan kroscek di lapangan masih ada pegawai yang sudah tidak berada di tempat.

“Mengenai sanksi yang diberikan kepada pegawai, akan dipanggil dan diberikan pembinaan,” ucap Rusmadi.

Menurutnya, jika diberikan pembinaan tidak di patuhi dan tidak masuk kerja selama 46 hari tanpa keterangan. Maka, akan diberhentikan.

“Sejak tiga tahun terakhir, belum ditemukan pegawai yang kenah sanksi berat berupa pemecatan,” terangnya. (dlt)

Rekomendasi Berita