oleh

Marak Pedagang Buah Musiman

MUSI RAWAS – Hasil panen buah rambutan yang melimpah, dimanfaatkan masyarakat Kecamatan Tugumulyo untuk memperoleh pendapatan tambahan dengan menjadi pedagang rambutan musiman. Hal ini terlihat di sepanjang Jalan Lintas Jenderal Sudirman Kecamatan Tugumulyo yang kini dijajari pedagang rambutan.

Hanafi (30) penjual rambutan di Kecamatan Tugumulyo mengatakan, rambutan yang dijualnya berasal dari kebun sendiri. Dan setiap harinya dia bisa menjual sekira 10-15 Kilogram (Kg) per harinya dengan harga Rp15 ribu.

Setiap awal tahun sampai Februari di Kecamatan Tugumulyo  merupakan musim rambutan.

“Seluruh daerah yang menjual rambutan itu pasti belinya Kecamatan Tugumulyo. Karena cuma daerah ini yang lagi musim rambutan terbanyak,” kata Hanafi kepada koran ini saat dibincangi di lapaknya, Kamis (17/1).

Dengan menjual rambutan ini ia bisa mendapatkan untung yang lumayan besar, apalagi rambutan biasanya dibeli pelanggan untuk dijadikan oleh-oleh.

Tempat yang sama, Rahmad Nasution (42) mengatakan  bahwa memiliki keuntungan penuh dalam berjualan rambutan ini.  Sebab, dalam sehari bisa mendapatkan uang Rp150-200 ribu. Selain itu ia berjualannya tepat di dekat rumahnya sendiri, jadi tidak mengeluarkan ongkos.

Menurutnya, daripada dijual kepada pedagang pengepul lebih baik rambutan itu dijual olehnya langsung. Namun, walau tidak membeli dan  tidak memerlukan ongkos angkut untuk modal, tetapi ia tetap menjual harga rambutannya dengan harga yang sama dengan pedagang yang lain.

“Supaya tidak menimbulkan perselisihan dengan para pedagang lainnya,” kata Rahmad sapaannya. (dlt)

Rekomendasi Berita