oleh

Mansamura Programkan Green School

LINGGAU POS ONLINE, MUARA KELINGI – Program MAN 1 Musi Rawas (Mansamura) Green School Creatif hampir satu tahun diadakan. Untuk mendukung maksimalnya pelaksanaan program kerja, dibentukkan komunitas Green School.

Gagasan positif ini ide dari Kepala MAN 1 Musi Rawas Mansamura, Buchari.

Kepada Linggau Pos ia mengatakan, Green School memotivasi warga sekolah untuk memiliki komitmen mengembangkan program-program untuk menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktivitas sekolah.

“Karenanya, tampilan fisik sekolah ditata secara ekologis sehingga menjadi wahana pembelajaran bagi seluruh warga sekolah untuk bersikap arif dan berperilaku ramah lingkungan,” jelas Buchari.

Berkaitan dengan hal tersebut pengurus Green School menetapkan sasaran serta langkah-langkah dalam mewujudkan kegiatan bidang pemanfaatan limbah atau sampah. Terutama yang ada di sekitar sekolah untuk didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini juga jadi wadah penyaluran bakat, hobi dan keterampilan siswa Mansamura,“ terangnya.

Maka dari itu kegiatan Green School Creatif ini mempunyai tujuannya terpenting untuk menanamkan rasa memiliki lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, menanamkan rasa bertanggung jawab terhadap lingkungan, menanamkan arti pentingnya menjaga lingkungan pada peserta didik.

Salah seorang siswa yang ikut tergabung dalam program Green Scholl, Fikri Haikal mengaku merasa bangga.

Siswa kelas XII.IPA ini mengatakan, dengan gabung di komunitas ini, ia jadi lebih kreatif dan dapat menumbuhkan kesadaran agar memanfaatkan sampah sebagai peluang bisnis.

Ia berharap, semoga rencana program kerja ini menjadi acuan dalam melaksanakan langkah-langkah kegiatan Mansamura Green School Creatif.

Sehingga perkembangan kegiatan ini akan menjadi lebih jelas dan terarah dalam pencapaian tujuan dengan setiap bantuan oleh pihak-pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung. (Rls)

Rekomendasi Berita